Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

01 June 2012

Israel Masih Membutuhkan Yordania

5:22 PM Posted by Unknown No comments

Rezim Zionis Israel demi mempertahankan hubungannya dengan Yordania tak segan-segan menolak pemutusan bantuan Amerika Serikat ke Amman.

Situs al-Youm al-Sabe Kamis (31/5) melaporkan, Israel yang tengah berselisih dengan Yordania akibat rekonstruksi jembatan yang menghubungkan Bab al-Maghariba Masjid al-Aqsa menolak pemutusan bantuan AS ke Yordania sebagai upaya untuk mencegah memburuknya hubungan Tel Aviv dengan Amman.

Situ ini mengutip Koran Yediot Aharonot menyatakan, dampak dari langkah Israel merekonstruksi jembatan Bab al-Maghariba, Yordania enggan mengirim dubesnya ke Tel Aviv dan Israel menekan AS untuk tidak memberikan reaksi atas sikap Amman dan tidak memutus bantuannya ke negara ini.

Israel tengah merekonstruksi kembali jembatan yang menghubungkan ke Bab al-Maghariba untuk mempermudah jalur bagi warga Zionis memasuki Masjid al-Aqsa. Masjid al-Aqsa memiliki 15 pintu.


Sementara itu, bantuan finansial AS ke Yordania setiap tahunnya sebesar 660 juta dolar. Israel dan Yordania tahun 1994 menandatangani kesepakatan damai Wadi Araba.

 (IRIB Indonesia/MF)

0 komentar:

Post a Comment