Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

26 October 2012

Ratusan "airsoft gun" beredar di Papua

12:34 AM Posted by Unknown No comments
Ilustrasi sejumlah airsoft gun yang disita Bea Cukai Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, beberapa waktu lalu. (FOTO ANTARA/Eric Ireng)
... 500 airsoft gun diduga beredar di Papua... "
Jayapura ( ANTARA News) - Ketua Perbakin Papua, Jhon Banua Rouw, menengarai sekitar 500 airsoft gun saat ini beredar di Papua. Bersama dengan Kepolisian Daerah Papua, mereka menginventarisasi kepemilikan dan izin airsoft gun itu.

"Sekitar 500 airsoft gun diduga beredar di Papua," kata Rouw kepada wartawan di Jayapura, Kamis, seusai bertemu Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigadir Jenderal Polisi Paulus Waterpauw. Perbakin Papua sendiri baru mengeluarkan 100 izin kepemilikan senjata itu.

Airsoft gun bukanlah senjata api karena mekanisme kerjanya tidak melibatkan mesiu yang meledak, walau pembinaan pemakai dan aplikasinya sebagai senjata hobi dan olahraga berada di bawah Perbakin. Dalam tubuh PB Perbakin Pusat, ada suborganisasinya dengan aturan-aturan ketat yang mengurusi hal ini.


Akan tetapi, tampilan fisik airsoft gun (pistol dan laras panjang) sangat persis dengan senjata api asli. Begitupun kinerja pelontaran proyektilnya sangat yang bisa mencapai kecepatan lebih dari ratusan kaki perdetik itu bisa melukai orang secara serius --bahkan mematikan-- jika dipergunakan secara serampangan.
Banyak pemilik airsoft gun yang tergabung dalam klub. Menurut Rouw yang juga anggota DPRP Papua itu, para pemilik airsoft gun yang terdaftar dalam satu klub juga harus mendaftar ke Perbakin Papua jika mereka berdomisili di Papua.

Lebih jauh, Rouw mengatakan, senjata airsoft gun banyak beredar di daerah pegunungan tengah Papua.

ANTARA

0 komentar:

Post a Comment