Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

26 October 2012

Lanud Tarakan Gelar Hanlan

12:28 AM Posted by Unknown No comments


PERSONEL Lanud Tarakan berhasil melumpuhkan gerombolan teroris yang berencana akan membajak pesawat salah satu maskapai penerbangan dan selanjutnya akan menguasai pangkalan dan bandara juwata Tarakan. Itu merupakan skenario pertahanan pangkalan(hanlan) yang digelar oleh Lanud Tarakan dan merupakan program kerja dinas operasi yang dilaksanakan diseputaran runway bandara juwata tarakan, baru-baru ini.

Latihan ini diawali dengan tertangkapnya salah satu GPK yang membawa sebuah bom dengan daya ledak tinggi dan berniat akan membajak salah satu maskapai penerbangan.


Dengan kemampuan intelijen Lanud Tarakan didapatkan informasi masih adanya GPK di seputaran runway yang akan menghambat penerbangan. Atas perintah kepala dinas operasi (kadisops), 20 personel lanud tarakan diperintahkan untuk menyisir sepanjang runway,lalu kontak senjata terjadi antara personel hanlan dan GPK yang berjumlah 5 orang,dan dimana personel hanlan berhasil melumpuhkan gpk dan menguasai kembali pangkalan serta bandara juwata tarakan.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membina kemampuan serta kesiapsiagaan seluruh personel lanud dalam menjaga pangkalan dan obvitnas serta keutuhan NKRI khususnya di wilayah perbatasan, seperti yang disampaikan Komandan Lanud Tarakan Letkol Pnb Bambang Juniar Djatmiko S.Sos kepada seluruh personel Lanud Tarakan. 

(pentak tarakan)  majalahpotretindonesia

0 komentar:

Post a Comment