Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

21 November 2012

Gizmodo Benarkan Pesawat Tanpa Awak Israel di Tangan Hamas

5:11 PM Posted by Unknown No comments

Situs Gizmodo yang berbasis di Amerika Serikat membenarkan jatuhnya sebuah pesawat tanpa awak Israel di Jalur Gaza dan menyebut para pejabat Israel berbohong dalam klaim mereka.

Qodsna (21/11) melaporkan, situs yang secara spesifik fokus pada iptek dan peralatan elektronik di dunia, membenarkan keotentikan rekaman video yang disebarkan oleh Hamas tentang penembakan jatuh pesawat tempur milik Israel.

Para pejuang Hamas berhasil menembak jatuh pesawat tanpa awak Rafael Skylite B  yang digunakan untuk operasi pengintaian.

Situs Gizmodo menepis klaim juru bicara militer Israel pada 16 November bahwa tidak ada pesawat tanpa awak Zionis yang ditembak jatuh. Kemungkinan pejabat Israel itu ingin menegaskan bahwa pesawat tanpa awak itu tidak ditembak melainkan jatuh. Namun yang pasti Israel kehilangan satu pesawat tanpa awaknya di Jalur Gaza.


Situs ini menambahkan, Hamas tidak memiliki kemampuan untuk meniru (reverse engineering) oleh karena itu terpaksa mempublikasikannya dan kemungkinan dalam waktu dekat akan diserahkan ke Iran.

Rafael Skylite B berbobot enam kilogram dengan panjang 115 sentimeter dan lebar sayap 240 sentimeter. Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan 70 kilometer per jam di ketinggi 300 hingga 2.000 kaki.  Durasi terbangnya mencapai 90 menit dan dapat menjangkau radius operasi hingga 10 kilometer.

(IRIB Indonesia/MZ/RM)

0 komentar:

Post a Comment