Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

05 December 2012

Gelar Pasukan & Alutsista, TNI AL Siap Menjadi Militer Yang Disegani

11:51 PM Posted by Unknown No comments
7a249897f9b8cec64e3423ec601ba3d5
TNI AL Gelar Pasukan & Alutisista di Dermaga Ujung, Surabaya (Foto: Puspen TNI)

itoday - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar ribuan pasukan dan berbagai alat utama sistem senjata (Alutsista) yang dimilikinya di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, (Rabu (5/12).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari peringatan Hari Armada RI 2012 yang ke-67 digelar dalam suatu upacara militer yang dilanjutkan Parade dan Defile pasukan, yang melibatkan 2.400 pasukan upacara terdiri dari prajurit TNI AL dan PNS TNI AL wilayah Surabaya . Bertindak sebagai komandan upacara Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim Laksamana Pertama TNI Siwi Sukma Adji, dan Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono bertindak sebagai Inspektur Upacara.


Peringatan Hari Armada RI 2012 ini mengangkat tema : “ Kobarkan Semangat Kepahlawanan Guna Memantapkan Profesionalisme Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL yang Handal dan Disegani”.

Dalam sabutannya, Panglima TNI mengatakan, Presiden Soekarno dalam pidatonya pada Peringatan Hari Armada tahun 1961 : “… bahwa negara kita hanya bisa menjadi besar dan kuat jikalau ada persatuan , perhubungan dan penguasaan yang mutlak atas lautan . ” Dengan demikian, peringatan ini dapat dijadikan sebagai refleksi historis perjalanan pengabdian TNI Angkatan Laut , dalam wujud evaluasi dan introspeksi , guna penyempurnaan pelaksanaan tugas dan pengabdian di masa yang akan datang.

Pada kesempatan ini juga, Panglima TNI juga menyampaikan beberapa program pengadaan alutsista TNI AL yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan, diantaranya yang telah dilaksanakan kontrak adalah pengadaan tiga Kapal Selam Diesel Electric, satu Kapal PKR Tahap I, dua Kapal BHO, 37 BMP-3F, dua Kapal Angkut Tank, tiga KCR 60 dan tiga KCR 40.

Sedangkan yang masih dalam proses adalah pengadaan Kapal PKR Tahap II, MLM KRI Kelas Corvett, Kapal Angkut Tank yang mampu mengangkut Tank Jenis MBT, Pesawat Patroli Maritim, Helikopter AKS dan Kapal Layar Latih Pengganti KRI Dewaruci.*

0 komentar:

Post a Comment