Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 January 2013

Terkait Laut China Selatan, Inggris Dukung Upaya RI

11:52 PM Posted by Unknown No comments
Foto: AFP

JAKARTA - Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond menegaskan, selama ini negaranya sangat mendukung upaya Indonesia untuk meredakan ketegangan terkait konflik Laut China Selatan. Hammond turut berharap, mekanisme itu dapat meredakan ketegangan dalam jangka waktu yang panjang.

"Kami sangat mendukung upaya Indonesia untuk melakukan de-eskalasi konflik dan ketegangan itu. Banyak konflik-konflik yang terjadi (di Asia) dan itu patut diredakan," ujar Hammond di kantor Kementerian Pertahanan Indonesia, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

"Cobalah untuk menyelesaikan konflik itu agar eskalasi berkurang dalam jangka waktu lama. Kami mendukung Indonesia dan ASEAN yang mempromosikan Code of Conduct (CoC) guna menangani sengketa," paparnya.

Hammond turut mengatakan bahwa, kelanjutan penanganan konflik Laut China Selatan yang diprakarsai Indonesia cukup baik. Resiko eskalasi pun dipastikan akan menurun.

Dalam pertemuannya dengan Menhan Indonesia Purnomo Yusgiantoro, Hammond turut memusatkan pembahasannya mengenai isu-isu maritim yang terus bergulir. Hammond pun menegaskan bahwa negaranya mendukung kebebasan pelayaran di perairan Laut China Selatan.(faj)
 

0 komentar:

Post a Comment