Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

18 April 2013

Hadang Pesawat China, Jepang Kerahkan Jet Tempur

12:38 PM Posted by Unknown No comments
Foto : Jet F-15 milik Jepang (air-attack)
Foto : Jet F-15 milik Jepang (air-attack)
TOKYO:(DM) - Jepang mengerahkan jet tempurnya untuk menyikapi masuknya pesawat-pesawat China ke wilayah Negeri Sakura. Sejak Maret lalu, beberapa pesawat China dinyatakan melanggar kedaulatan Jepang.

Jepang saat ini terlihat cukup aktif mengoperasikan jetnya ketimbang tahun lalu. Selain menghadang masuknya pesawat China, Jepang juga khawatir dengan masuknya pesawat Rusia ke wilayah Jepang. Kemunculan pesawat Rusia di Jepang merupakan yang pertama kali terjadi dalam catatan Jepang. Demikian, seperti diberitakan AFP, Kamis (18/4/2013).

Aktivitas jet tempur Jepang meningkat setelah Pemerintah Jepang melakukan nasionalisasi terhadap tiga dari lima pulau di sengketa. Laporan itupun diakui langsung oleh Kementerian Pertahanan Jepang.

Pada September 2012, pesawat turbo-prop milik China Y-12 terbang ke wilayah yang dipersengketan China dan Jepang. Jepang langsung merespons China dengan mengerahkan F-15. Hal itu merupakan pelanggaran kedaulatan pertama yang dilakukan Jepang terhadap wilayah China.

Sengketa wilayah antara kedua negara itu juga terus memanas meski mereka berniat meredakan eskalasi ketegangan. China terus mengabaikan peringatan-peringatan Jepang dan tetap menggelar patroli di wilayah yang mereka sebut dengan nama Pulau Diayou.

okezone

0 komentar:

Post a Comment