Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 June 2013

Kota Qusair Jatuh ke Tangan Assad

10:43 AM Posted by Unknown No comments
Militer Suriah (Foto: Reuters)
QUSAIR:(DM) - Pemerintah Suriah mengumumkan pihaknya berhasil memegang kendali dari Kota Qusair. Kota yang strategis itu sebelumnya diperebutkan oleh pasukan loyalis Presiden Suriah Bashar Al-Assad dengan pihak oposisi.

Selama berpekan-pekan, kota itu dilanda pertempuran yang melibatkan pihak oposisi dengan loyalis pemerintah. Kedua belah pihak pun saling mengklaim berhasil menguasai kota tersebut. Sementara klaim terbaru dari pihak Assad ini belum ditanggapi oleh pihak oposisi.

"Pasukan kami berhasil menguasai keadaan di Quasir dan berhasil mematahkan perlawanan teroris (sebutan Pemerintah Suriah untuk pihak oposisi). Sebagian besar dari mereka menyerahkan diri," lapor televisi Suriah, seperti dikutip Reuters, Rabu (5/6/2013).

"Kami sukses memulihkan keadaan keamanan di Qusair," lanjut laporan itu.

Jika benar Qusair jatuh ke tangan pasukan Assad, maka akan menjadi pukulan telak bagi pihak oposisi yang hingga saat ini berupaya untuk melengserkan kekuasaan dari Assad.

Qusair yang berada dekat perbatasan Lebanon, menjadi pusat kekuatan dari pihak oposisi selama perang saudara berlangsung. Pihak oposisi khawatir, jika Qusair dikuasai oleh pihak Assad, maka bisa memicu terjadinya kerusuhan sektarian antara warga Sunni, Syiah dan Alawite. (faj)

okezone 

0 komentar:

Post a Comment