Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 February 2014

China Bela Diri Terkait Latihan Perang Dekat Indonesia

6:15 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Latihan perang China yang berlangsung di dekat Australia dan RI (Foto: ABC)
Latihan perang China yang berlangsung di dekat Australia dan RI (Foto: ABC)  

BEIJING:(DM) - Militer China membela diri terkait latihan perang di perairan dekat internasional dekat Australia dan Indonesia. Menurut China, latihan perang itu tidak ditujukan kepada negara mana pun.

Angkatan Laut China berusaha meyakinkan publik bahwa pihaknya tidak pernah melakukan aktivitas latihan perang di wilayah yang berdekatan dengan Australia. Stasiun televisi China memberitakan, latihan perang tersebut meliputi latihan tempur termasuk melepaskan tembakan.

Namun pihak Kementerian Pertahanan China memastikan latihan ini hanya sebuah latihan rutin yang dilakukan tiap tahun. "Latihan itu tidak ditujukan untuk negara mana pun dan tidak terkait dengan situasi yang dialami kawasan (Asia) saat ini," pernyataan pihak Kementerian Pertahanan China, seperti dikutip ABC Australia, Jumat (14/2/2014).

"China memiliki hak untuk berlayar dengan bebas di perairan ini," lanjut pernyataan tersebut.


Latihan perang China di wilayah perairan internasional yang dekat dengan Pulau Christmas dan melintasi Selat Sunda, ternyata tidak pernah diumumkan. Pihak Australia pun mengakui hal tersebut.

Latihan perang China di wilayah perairan internasional yang dekat dengan Pulau Christmas dan melintasi Selat Sunda, ternyata tidak pernah diumumkan. Pihak Australia pun mengakui hal tersebut. Latihan berlangsung pada pekan lalu melibatkan dua kapal perang jenis destroyer bernama Haikou dan Wuhan. Selain itu militer China juga menggunakan kapal amfibi Changbaishan yang melakukan latihan tempur.

Tiga kapal perang China tersebut diketahui melakukan latihan perang yang jaraknya dekat dengan Australia. Ketiga kapal tersebut melintasi Selat Sunda dan berlayar ke wilayah selatan Pulau Jawa hingga mendekati Pulau Christmas sebelum akhirnya berputar melewati Selat Lombok.

Para pengamat menekankan bahwa tindakan China adalah legal, karena latihan berlangsung di perairan internasional. Selain itu latihan juga tidak bermaksud dilanjuti dengan kekerasan.

Langkah China dianggap sebagai upaya menunjukkan bahwa Samudera Hindia menjadi prioritas strategis mereka. Pengamat melihat China akan mengerahkan militer untuk melindungi kepentingannya di wilayah tersebut bila dibutuhkan.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop melihat posisi China sebagai negara yang terus meningkatkan kekuatan di Asia dan secara global. (faj)

Okezone
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment