Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 February 2014

Sengketa dengan China, AS Pastikan Bantu Filipina

6:06 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jonathan Greenet (Foto:Reuters)
Jonathan Greenet (Foto:Reuters)

MANILA:(DM) - Amerika Serikat (AS) memastikan akan membantu Filipina dalam sengketa Laut China Selatan. Kepastian ini disampaikan oleh Komandan Angkatan Laut AS Laksamana Jonathan Greenert.

Sengketa perairan China Selatan terjadi antara China dengan sejumlah negara termasuk Filipina. Dukungan AS terhadap Filipina pun merupakan  angin segar di tengah sengketa yang semakin memanas antar China dan Filipina.

"Saya tidak tahu bantuan secara khusus apa yang akan kami berikan, Kami memiliki kewajiban karena kami terikat dengan perjanjian. Tapi saya belum bisa memastikan dalam kapasitas apa bantuan yang akan kami berikan," ujar Greenert, seperti dikutip dari Voice of America (VOA), Jumat (14/2/2014).

Awal mula dari masalah China selatan adalah klaim Negeri Tirai Bambu terhadap 90 persen wilayah Laut China Selatan. Diketahui wilayah yang diklaim China merupakan daerah kaya ikan. Bahkan, 10 persen ikan laut di dunia ada di perairan ini.



Melihat memanasnya kondisi, Filipina membawa sengketa ini ke PBB. Namun, China mengecam langkah yang diambil Filipina.

Okezone
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment