Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

14 February 2014

GNB Serukan Penghapusan Senjata Nuklir

5:45 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
AS,EROPA:(DM) - Gerakan Non-Blok (GNB) telah memperbaharui seruannya yang semakin keras mengenai penghapusan senjata nuklir di seluruh dunia.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan hari Kamis (13/2), GNB memandang senjata nuklir sebagai ancaman utama dunia, dan menyatakan keprihatinan mendalam atas dampak destruktif dari penggunaan senjata tersebut terhadap generasi sekarang dan mendatang serta lingkungan.

GNB menilai penggunakan senjata nuklir bertentangan dengan hukum internasional, dan mendesak semua negara untuk memenuhi komitmen bersama terhadap penghapusan senjata nuklir.

Perlucutan senjata nuklir global adalah langkah pertama untuk menciptakan dunia yang bebas dari senjata nuklir.


Gerakan Non-Blok juga mendesak implementasi penuh dari resolusi Majelis Umum PBB mengenai perlucutan senjata nuklir yang disahkan tahun lalu .

Pada Desember 2013, Majelis Umum PBB dengan suara bulat menyetujui sebuah resolusi perlucutan senjata nuklir yang meliputi proposal yang disampaikan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani sebagai kepala GNB.

Resolusi yang diadopsi pada tanggal 5 Desember 2013, menyerukan negara - tenaga nuklir untuk membuat lebih banyak upaya guna menurunkan dan akhirnya menghilangkan semua jenis senjata nuklir.

Menurut resolusi itu, negara-negara non-nuklir harus diberikan jaminan bahwa mereka tidak akan terancam atau diserang oleh negara pemilik senjata nuklir.


Hingga kini, AS dan Rusia merupakan negara yang paling banyak memproduksi dan menyimpan senjata nuklir.

(IRIB Indonesia/PH)
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment