Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 November 2014

Menhan ogah beli alutsista luar jika tak alih teknologi

12:11 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Menhan ogah beli alutsista luar jika tak alih teknologi
Alutsista TNI. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

JAKARTA:(DM) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengakui alutsista untuk mendukung gagasan Indonesia menjadi poros maritim dunia belum cukup saat ini. Pemerintah berjanji akan meningkatkan ketersediaan alutsista ini sampai 90 persen.

"Sementara ya masih memadai tapi belum cukup, kami akan tingkatkan terus. Sekarang masih 70 persen, kami akan kerja keras lagi paling tidak sampai 90 persen lah," kata Ryamizard Ryacudu usai membuka acara pameran senjata Indo Defence 2014 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (4/11).

Menurutnya, alutsista produksi dalam negeri sudah go internasional. Banyak negara tetangga yang mulai tertarik dengan senjata produksi Indonesia.

"Lokal 60 persen lah (alutsista yang dipamerkan di Indo Defence 2014). Sudah diakui juga (senjata produksi Indonesia di pasar internasional)," terang dia.

Lanjut dia, jika Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membeli alutsista produk luar negeri harus mampu transfer teknologi. Hal itu merupakan syarat mutlak yang harus dipatuhi TNI.

"Semuanya sekarang ini kalau kita membeli ada syaratnya alih teknologi. Kalau enggak gitu, enggak usah," ujarnya.

merdeka
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment