Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

04 August 2015

Lanud RSN Siap Operasikan Jet Tempur Canggih

7:42 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jet tempur F-16 (Fajar Adriyanto)
Jet tempur F-16 (Fajar Adriyanto)
Pekanbaru:(DM) – Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru, Riau, akhirnya resmi naik menjadi tipe A. Dengan begitu, RSN menjadi satu-satunya Pangkalan Udara TNI-AU bertipe A di wilayah Sumatera.
Kepala Penerangan (Kapen) Lanud RSN, Kapten Sus Rizwar, Senin (3/8/2015) mengatakan, peresmian menjadi tipe A (sebelumnya tipe B,red) juga diiringi dengan pergantian jabatan Komandan Lanud RSN, yang sebelumnya ditempati Kolonel Pnb M Khairil Lubis.
“Digantikan oleh Kolonel Pnb Henri Alfiandi yang sebelumnya bertugas di Staf Pengamanan TNI-AU (Spamau), dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) dilaksanakan pagi ini di Main Aphrone Base Ops Lanud RSN,” katanya.
Dengan kenaikan status ini, Lanud RSN menjadi satu-satunya Pangkalan Udara di Sumatera yang sudah bertipe A. Selain RSN, ada dua Lanud lainnya yang turut naik, diantaranya Lanud Supadio Pontianak dan Lanud Suryadarma Kalijati. Artinya sudah 10 Pangkalan Udara di Indonesia yang telah bertipe A, dengan kekuatan tempur yang memadai.

“Diantaranya Lanud Halim, Lanud Atang Sanjaya Bogor, Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Adisucipto Jogjakarta, Lanud Abdurrahman Soleh Malang, dan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Ditambah tiga yang baru naik termasuk Lanud RSN,” ucapnya.
“Semua ini untuk memaksimalkan pengamanan udara di wilayah NKRI. Dengan kekuatan Alutsista seperti pesawat tempur Hawk dan F-16 yang sudah ada di Lanud RSN,” tukas Kapten Sus Rizwar.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment