Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

29 January 2016

Korea Selatan Ingin Bangun Industri Galangan Kapal di Indoensia

6:44 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Jakarta:(DM) – Korea Selatan ingin mengembangkan industri galangan kapal di Indonesia, karena kebutuhan kapal yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi magnet bagi mereka. Menteri Perindustrian Saleh Husin menyambut baik keinginan Korea Selatan tersebut. Keinginan ini disampaikan beberapa pengusaha Korea Selatan yang didampingi Rokhmin Dahuri MS selaku Duta Besar Kehormatan Jeju Island, Korea Selatan untuk Indonesia.
“Kita menyambut baik rencana ekspansi mereka. Secara khusus saya katakan kepada pengusaha Korea, program tol laut Presiden Jokowi membutuhkan banyak kapal dan menjadi peluang bagi investor galangan kapal. Ini saat yang tepat!” kata Saleh Husin, usai menerima para pengusaha Korea Selatan Jakarta, Kamis (28/1/2016).
Kementerian Perindustrian juga mendorong Korea Selatan untuk mengembangkan industri komponen kapal. Dengan kebutuhan kapal yang tinggi dan instruksi Presiden kepada kementerian, lembaga dan BUMN, untuk membeli kapal dari galangan kapal dalam negeri, maka industri komponen kapal mendapat peluang untuk tumbuh.
Beberapa pengusaha Korsel itu adalah Chairman Busan Indonesia Center dan Presidenf of Daegu University of Foreign Studies Kim Soo-Il, Presiden Korwell Corporation dan Dongil Shipyard, Sung Tae Kim (industri galangan kapal), Direktur Helukabel, Pia Jeong (industri kabel listrik), dan Advisor Jinwoo Co, Wee Jin Dong (produsen suku cadang otomotif).
“Kami juga siap memfasilitasi investor Korea Selatan untuk bertemu, berkenalan dan menjalin kerja sama lebih lanjut dengan industri galangan nasional baik BUMN maupun swasta,” tegasnya.
Kim Soo Il juga mengungkapkan keinginan Korea Selatan untuk memproduksi mobil listrik. “Industri mobil listrik dan komponennya di Korea terus marak. Kami ingin tahu peluang di Indonesia termasuk bekerja sama dengan pengusaha di sini,” ujarnya.
Menperin menyatakan kawasan industri di Cikarang Bekasi dan Karawang atau daerah lainnya, bisa diajak untuk bekerja sama. Sementrara, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan menyatakan, selain di sekitar Jakarta, kawasan industri di Surabaya dapat menjadi pilihan bagi industri komponen mobil listrik. “Produksi mobil jenis ini menarik untuk ke depan. Salah satu karakter industri ini, fokus pada produksi komponen baterai dan motor listrik,” ujar I Gusti Putu Suryawirawan.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment