Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 February 2016

F-35 Siap Tempur?

8:19 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
An F-35A Lightning II Joint Strike Fighter takes off on a training sortie at Eglin Air Force Base, Florida in this March 6, 2012 file photo.    REUTERS/U.S. Air Force photo/Randy Gon/Handout
An F-35A Lightning II Joint Strike Fighter takes off on a training sortie at Eglin Air Force Base, Florida in this March 6, 2012 file photo. REUTERS/U.S. Air Force photo/Randy Gon/Handout
washington:(dm) - Angkatan Udara Amerika Serikat akan mengerahkan empat pesawat buatan Lockheed Martin Corp jet temput F-35 ke sebuah pangkalan udara AS bulan ini. Pengiriman tersebut dilakukan untuk menilai apakah pesawat perang baru itu dapat dinyatakan siap tempur pada bulan Agustus, seperti yang telah direncanakan.
Lockheed sendiri merupakan produsen pesawat jet tempur F-35 yang saat ini sedang mengembangkan tiga model jet, yang dikenal sebagai Joint Strike Fighter atau Lightning II.
Mayor Jenderal Jay Silveria, kepala Angkatan Udara AS Warfare Center di Nellis Air Force Base, mengatakan bahwa F-35 jet akan dikirim dari pangkalan Nevada ke Mountain Home Air Force Base di barat daya Idaho, akhir bulan ini. Pengiriman ini termasuk pula pilot, mekanik, suku cadang, peralatan dan sistem logistik komputerisasi pesawat itu, untuk menguji kemampuan tempur pesawat.
Tes akan membantu Angkatan Udara menilai kemampuannya, sebelum jet tempur tersebut dikirim ke lokasi lain. Serta untuk memastikan bahwa mereka dapat diperbaiki dan dipelihara.
Seperti pesawat perang apapun, pemeliharaan F-35 membutuhkan alat khusus dan bahan, dan itu penting bahwa semua alat yang dibutuhkan tersedia untuk memenuhi kebutuhan jet ketika digunakan.
Silveria mengatakan bahwa pelaksanaan tes adalah bagian dari penilaian apakah suatu skuadron awal jet F-35 itu telah siap tempur.
Angkatan Laut AS telah mendeklarasikan bahwa 10 dari model jet F-35B telah siap melakukan pertempuran. F-35B telah memiliki kemampuan untuk take off dari landangan pacu pendek layaknya sebuah helikopter.
Dua pesawat F-35 milik Angkatan Udara juga telah disiapkan untuk penampilan internasional pertama mereka dalam ajang British Air Shows.
Reuters/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment