Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

09 February 2016

Korea Utara Rayakan Kesuksesan Peluncuran Roket

11:00 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Korea Utara Rayakan Kesuksesan Peluncuran Roket

KORUT:(DM) - Kim Il Sung Square di Pyongyang menjadi pusat perayaan nasional, Senin (8 Februari) malam, setelah kesuksesan peluncuran roket Korea Utara yang berhasil menempatkan satelit ke orbit.



Dalam video yang ditampilkan oleh kantor berita resmi negara, KCNA, menunjukkan para pejabat partai dan tentara, serta mahasiswa dan warga ibukota, berkumpul di alun-alun untuk menonton parade, tarian dan pesta kembang api. Lebih dari 150.000 orang menghadiri acara tersebut.
Korea Utara mengatakan telah menempatkan satelit ke orbit pada hari Minggu (7 Februari), namun Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya melihat peluncuran itu sebagai kedok untuk pengembangan teknologi rudal balistik Pyongyang, yang dapat digunakan sebagai senjata nuklir di Samudra Pasifik.
Langkah ini, bagaimanapun, telah membawa kebanggaan bagi warga di Pyongyang.
Bagi masyarakat di Pyongyang, kesuksesan peluncuran satelit Kwangmyongsong-4 telah menjadi bukti kekuatan besar mereka dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Peluncuran roket Korea Utara, hanya beberapa minggu setelah uji coba nuklir keempat negara itu pada tanggal 6 Januari, mendapat penerimaan internasional yang “dingin”, terutama dari negara-negara tetangganya dan Amerika Serikat.
Dewan Keamanan PBB mengutuk peluncuran tersebut dan berjanji untuk mengambil tindakan, sementara Washington telah bersumpah untuk memastikan negara memberlakukan “konsekuensi serius” di Pyongyang sesegera mungkin.
Reuters/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment