Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

13 May 2012

Kalla: Kotak Hitam Harus Diperiksa di Indonesia

8:58 PM Posted by Unknown No comments
ADEK BERRY / AFP
Jusuf Kalla berpendapat kotak hitam Sukhoi SSJ 100 harus diperiksa di Indonesia. Selain jatuh di wilayah Indonesia, korban terbanyak adalah warga negara Indonesia. Tampak dua ahli dari Russia tiba di Cijeruk pada Sabtu (12/5).

Jurnas.com | KETUA Palang Merah Indonesia (PMI) yang juga mantan wakil presiden Jusuf Kalla berpendapat, kotak hitam Sukhoi Superjet 100 harus diperiksa di Indonesia. Selain jatuh di wilayah Indonesia, korban terbanyak adalah warga negara Indonesia.

"(Itu) harus, karena ini menyangkut kepentingan nasional," kata Kalla di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (13/5).

Penelitian mendalam terhadap kotak penyimpan rekaman pembicaraan itu harus dilakukan untuk bisa mengungkap penyebab kecelakaan. Bisa jadi penyebabnya bukan karena teknis mesin pesawat atau cuaca buruk, melainkan karena faktor manusia yang mengendalikannya.


Meski Rusia punya kepentingan karena pesawatnya jatuh dan hancur, Indonesia punya kepentingan di sini mengingat banyak warganya yang menjadi korban. Tercatat ada 35 orang warga negara Indonesia di dalam pesawata tersebut. Sementara 10 sisanya adalah warga negara Rusia, Perancis dan Amerika.

Kepentingan yang dimaksud Kalla bukan hanya kepentingan jatuhnya korban jiwa dalam kejadian ini, juga kepentingan bisnis yang dibawa Sukhoi Civil Aircraft Company ke Indonesia saat melakukan demo terbang menggunakan pesawat nahas tersebut.

0 komentar:

Post a Comment