Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

13 May 2012

Kalla: Tim Bantuan Rusia Harus di Bawah Koordinasi Basarnas

8:57 PM Posted by Unknown No comments
Dananjoyo Kusumo / Jurnal Nasional
Jusuf Kalla berpendapat tim SAR Rusia harus di bawah koordinasi Basarnas dalam kasus kecelakaan Sukhoi SSJ 100. PMI sendiri telah mengerahkan bantuan maksimal dalam proses evakuasi korban kecelakaan pesawat itu.

Jurnas.com | TIM evakuasi asal Rusia harus di bawah koordinasi Badan SAR Nasional (Basarnas). Meski punya kepentingan dalam mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100, bantuan Rusia diharap tidak bertentangan dengan kepentingan Indonesia.

Hal ini disampaikan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Minggu (13/4) saat mengunjungi Landasan Udara Halim Perdana Kusuma. "Rusia tentu boleh membantu tapi tetap di bawah komando Basarnas," kata Kalla.

Jatuhnya pesawat yang hendak dipromosikan ke Indonesia itu memang harus diketahui penyebabnya. Sebagai negara pembuat, Kalla menambahkan, Rusia memang punya kepentingan. Namun kecelakaan ini terjadi di wilayah Indonesia dan memakan korban banyak warga negara Indonesia. "Karena di sini, dia mesti di bawah naungan kita," ujarnya.


PMI sendiri, menurut mantan wakil presiden ini, telah mengerahkan bantuan maksimal. Relawan dan ambulans serta helikopter dikerahkan untuk mencari dan mengevakuasi puing pesawat dan korban.

Ada 26 ambulans, 4 helikopter, dan 120 relawan yang dikerahkan PMI untuk membantu evakuasi korban. "Heli yang bekerja sekarang ada dua karena keterbatasan tempat, tapi berapa pun kami siapkan," kata Kalla.

0 komentar:

Post a Comment