Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

16 May 2012

Korsel Tolak AS Kerahkan Senjata Nuklir di Wilayahnya

12:03 AM Posted by Unknown No comments

SEOUL - Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) menilai, pengerahan senjata nuklir milik Amerika Serikat (AS) di Semenanjung Korea akan berdampak buruk terhadap upaya pelucutan senjata nuklir Korea Utara (Korut).

"Bila AS mengerahkan senjata nuklirnya di Semenanjung Korea, AS sama saja mengabaikan Deklarasi Bersama untuk Denuklirisasi Semenanjung Korea. Perjanjian itu sudah ditandatangani oleh dua negara Korea sejak 1991," ujar militer Korsel, seperti dikutip Chosun Sinbo, Selasa (15/5/2012).

Korsel juga menilai, pengerahan senjata pemusnah masal itu merupakan langkah yang tidak realistis. Meski demikian, beberapa pensiunan jendral di Korsel menganggap, pengerahan senjata nuklir AS akan semakin memperkuat Korsel dalam menghadapi ancaman Korut.

AS dan Korsel sepakat untuk meningkatkan strategi penangkalan serangan untuk menghadapi Korut, setelah AS menarik seluruh senjata nuklirnya di Korsel. Meski demikian, AS dikabarkan berniat untuk mengamandemen perjanjian itu dan senjata nuklir pun akan hadir kembali.

Negeri Paman Sam itu juga berencana untuk menggunakan bom nuklir B61 yang dibawa oleh jet tempurnya di Guam, serta misil Tomahawk yang ada di dalam kapal selam nuklirnya. Persenjataan-persenjataan itu dinilai amat sangat kuat dan sangat berpotensi untuk menjadi senjata penghancur yang mematikan.(AUL)

0 komentar:

Post a Comment