Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

19 May 2012

PBB Selidiki Kemungkinan Pyongyang Kirim Senjata ke Suriah-Myanmar

12:36 AM Posted by Unknown No comments
JOSEPH EID / AFP
Beberapa pelanggaran lainnya termasuk penjualan senjata secara ilegal.

Jurnas.com | PANEL ahli Perserikatan Bangsa Bangsa yang memantau kepatuhan sanksi terhadap Korea Utara menyelidiki laporan-laporan tentang kemungkinan pengiriman senjata Pyongyang ke Suriah dan Myanmar.

"DPRK (Korea Utara) terus secara aktif menentang langkah-langkah dalam resolusi (sanksi PBB)," kata panel dalam laporan itu, yang disampaikan kepada Komite Saksi Korea Utara Dewan Keamanan PBB pada awal pekan ini. "Negara-negara anggota tidak melaporkan kepada panitia setiap pelanggaran yang melibatkan pengiriman nuklir, materi lain yang berkaitan dengan WMD atau barang sejenis peluru kendali balistik," katanya.


Mereka melaporkan beberapa pelanggaran lainnya termasuk penjualan senjata secara ilegal dan terkait perlengkapan serta barang-barang mewah. Korea Utara dikenai sanksi PBB setelah Pyongyang melakukan uji coba senjata nuklir dan peluru kendali yang meresahkan masyarakat internasional.

Antara/Reuters

0 komentar:

Post a Comment