Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

13 May 2012

Presiden Korut tiba di Indonesia

11:25 PM Posted by Unknown No comments
Presiden Korut Kim Yong Nam disambut oleh Menlu Marty Natalegawa di Jakarta

Presiden Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) Kim Yong-nam tiba di Jakarta pada Minggu (13/5) siang untuk memulai kunjungan selama empat hari 13-16 Mei 2012.

Kim Yong-nam, yang datang didampingi oleh tiga orang delegasi setingkat menteri, disambut oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Bandar udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Presiden Kim akan bertemu dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, pada Selasa (15/5) mendatang.

Menurut keterangan tertulis Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah yang diterima BBC, kunjungan Presiden Kim ini merupakan yang ketiga kalinya sejak memimpin RDRK, dan dilakukan untuk memenuhi undangan Presiden Yudhoyono.


"Pertemuan akan membahas langkah-langkah untuk memperkuat kerjasama bilateral, kesempatan pertemuan bilateral Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Kim Yong Nam akan dimanfaatkan untuk membahas masalah geopolitik di kawasan," jelas Faizasyah kepada wartawan BBC Indonesia, Sri Lestari, Minggu (13/05) sore..
Ketika dihubungi BBC melalui telepon, Faizasyah tidak menjelaskan apakah kedua kepada negara akan membicarakan masalah nuklir Korea Utara.

"Saya tidak tahu dan tidak dapat mendahului apa yang akan dibicarakan oleh pemimpin kedua negara nanti, jadi ya tunggu saja setelah pertemuan tanggal 15 Mei nanti," tambah dia.

Indonesia memiliki hubungan baik dengan RDRK sejak dibukanya hubungan diplomatik pada tahun 1961.

Menurut rencana, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati Presiden Kim Yong Nam.

Pemimpin Korut itu juga akan bertemu dengan Ketua MPR Taufik Kiemas, Ketua DPR Marzuki Alie serta Wakil Presiden Boediono.

Sumber: bbc

0 komentar:

Post a Comment