Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

01 April 2012

ASEAN Takkan Bentuk Pakta Militer

11:47 PM Posted by Unknown No comments
Jurnas.com | ASEAN tidak akan pernah membuat pakta militer ataupun aliansi militer. Selain itu, ASEAN juga tidak akan mengerahkan pasukan ke wilayah Laut Cina Selatan.

Demikian beberapa hasil kesepakatan dalam Pertemuan Informal para Panglima Angkatan Bersenjata se-Kawasan ASEAN atau ASEAN Chiefs of Defence Forces Informal Meeting (ACDFIM).

Angkatan Bersenjata ASEAN juga sepakat untuk membentuk suatu pasukan penjaga perdamaian kawasan ASEAN yang siap dikerahkan ke negara yang membutuhkan sesuai permintaan, serta suatu satuan tanggap bencana yaitu Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) sebagai upaya membantu negara kawasan yang terkena bencana.

Kesepakatan Panglima Angkatan Bersenjata itu disampaikan Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono dalam jumpa pers bersama Panglima AB ASEAN di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (31/3) sore.


Panglima TNI juga menyampaikan, semua yang dibicarakan dan dijadikan sebagai suatu kesepakatan bersama sejalan dengan kebijakan negara masing-masing dan tidak mencampuri urusan dalam negeri masing-masing serta tetap menghormati kedaulatan serta integritas negara-negara ASEAN secara utuh.

Sumber: Jurnas

0 komentar:

Post a Comment