Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

06 March 2014

Otoritas Crimea ingin Bergabung ke Rusia, Referendum 16 Maret

10:29 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Peta Ukraina, Rusia, Crimea (sumber: Google Map)

Simferopol, Ukraina:(DM) - Otoritas di Crimea yang pro-Rusia meminta Presiden Vladimir Putin untuk mengkaji permintaan wilayah itu bergabung dengan Federasi Rusia, Kamis (6/3), yang akan diputuskan dalam referendum tanggal 16 Maret nanti.

"Parlemen Crimea telah melakukan mosi untuk bergabung dengan Rusia. Parlemen juga telah meminta presiden dan parlemen Rusia untuk mempertimbangkan permintaan ini," kata anggota parlemen senior Grigoriy Ioffe.

Sesi dengar pendapat tertutup di parlemen juga menghasilkan rencana referendum pada 16 Maret di mana warga akan ditanya apakah mereka ingin wilayah mereka "menjadi bagian dari Rusia sebagai sebuah federasi", kata Ioffe.

Crimea adalah wilayah otonom di Ukraina yang dalam beberapa hari terakhir ini dikuasai angkatan bersenjata Rusia, menyusul digulingkannya Presiden Viktor Yanukovych yang pro-Moskwa dan telah kabur ke Rusia.

Ioffe mengatakan pertanyaan kedua dalam referendum adalah apakah Crimea perlu mempertahankan status otonomi yang didasarkan pada konstitusi 1992.

Mosi ini didukung 78 dari total 86 anggota parlemen.

Crimea merupakan lokasi pangkalan Armada Laut Hitam Rusia dan telah menjadi bagian Rusia sejak abad ke-18, sebelum pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev memberikannya ke Ukraine sebagai "hadiah" pada 1954.

Pada era itu, hadiah Khrushchev ini tidak bermakna penting karena baik Ukraina dan Rusia adalah republik yang tergabung dalam Uni Soviet.


berita satu
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment