Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

02 February 2016

Kapal Selam Gotland Class ‘Deep Water Superiority’

4:06 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
bhtyzjcj7pdvl3avmsg4
SWEDIA:(DM) - Mungkin kita lebih mengenal kapal selam buatan Rusia, Korea Selatan, Jerman ataupun Amerika Serikat, pada artikel kali ini kita coba sedikit mengupas kapal selam ‘pemburu’ kapal selam milik Angkatan Laut Swedia.
Jika untuk arsenal udara kita mengenal pesawat tempur ‘air superiority’ yang di isi jajaran pesawat tempur Su-27, Su-35, Typhoon, F-16 (F-16 kini lebih bersifat multirole), maka untuk kapal selam yang berperan sebagai ‘deep water superiority’, hal ini layak disandang kapal selam Gotland class milik Swedia.
Berperan sebagai pemburu kapal selam, kemampuan kapal selam Gotland tidaklah dianggap remeh. Bahkan Amerika pun mengakui kesaktian Gotland, dengan menyewanya untuk digunakan sebagai kapal selam latih, dimana Gotland berperan sebagai kapal selam musuh, dan AS mencoba mempelajari cara mengalahkan kapal selam diesel elektrik silent.
Kapal selam Gotland class memiliki panjang 60 m dengan lebar 6.9 m dan berbobot 1490 ton, termasuk kedalam kelompok kapal selam kelas menengah. Gotland hanya dioperasikan oleh 33 awak yang menandakan banyak sistem peralatannya yang dikendalikan secara otomatis.
Untuk mengendus dan melacak kapal selam musuh, Gotland menggunakan peralatan sensor sonar terintegras CSU 90-2, yang berupa silinder array pasif di haluan, satu array intersep dan plat array pasif di lambung kanan dan kiri. Gotland juga dilengkapi periskop search and attack Kollmorgen dan radar navigasi Therma Scanter, radar pengintai dan warning system Manta, Gotland juga memiliki sistem peperangan elektronik buatan Thales Defence.
Sedangkan untuk menenggelamkan dan menetralisir kapal selam musuh, Gotland dilengkapi dengan sistem tempur 9SCS Mark 3 buatan Saabtech Vectronic, dan dua tipe tabung peluncur torpedo 533 mm dan 400 mm.
Persenjataan Gotland terdiri dari torpedo berat modern, yakni torped 62 ( torped 2000 versi ekspor) dan torpedo ringan, torped type 45.
Torped 62 / torpedo 62 merupakan torpedo terbaru yang memperkuat kapal selam Gotland class, dengan berat 1.4 ton, berhulu ledak 240 kg, dan kecepatan luncur hingga 40 knot pada jarak 40 km, Torped 62 mampu menenggelamkan kapal selam berat, sedangkan torpedo ringan type 45 cukup untuk menenggelamkan kapal selam ringan dan menengah.
Sebaga sistem propulsinya , Gotland dilengkapi dua mesin diesel MTU dan dua unit Air Independent Propulsion (AIP) Stirling V4-275R buatan Kockums, yang mendorong kapal selam hingga kecepatan 20 knot.
Mesin Stirling yang kedap suara mampu menyediakan daya sebesar 75 kw, dan dengan sistem AIP yang dimilikinya, Gotland mampu menyelam tanpa muncul ke permukaan selama 2 minggu.
jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment