Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

08 February 2016

Mengapa China Sangat Membutuhkan Su-35

10:40 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

BEIJING:(DM) - Pembelian 24 pesawat tempur Su-35 baru sangat penting bagi Beijing. Angkatan Udara Cina tidak hanya akan mendapatkan jet tempur baru yang dapat mempengaruhi keseimbangan kekuatan di Selat Taiwan, tetapi juga memungkinkan militer Cina untuk menilai kemajuan dari pengembangan pesawat tempur J-11 miliknya.
Pembelian 24 Su-35 dengan nilai sekitar US$ 2 miliar adalah transaksi terbesar antara militer Rusia dan Cina, tulis Carnegie Moscow Center.
Setahun yang lalu, Rusia dan China juga menandatangani kontrak untuk penjualan empat batalyon sistem rudal anti pesawat S-400 berjumlah sekitar US$ 1,9 miliar. Negosiasi telah dimulai pada tahun 2010-2011 dan pada tahun 2014 banyak isu-isu yang telah diselesaikan. Pengiriman peralatan itu (S-400) akan dimulai pada tahun 2016 dan transfer dari bagian utama S-400 dapat dilakukan pada tahun 2017-2018.
Melihat keuntungan dari pembelian pesawat Su-35 Rusia, tampaknya Cina sedang mencari cara lain untuk mengembangkan kemampuan pesawat tempur (siluman) mereka. Sebagaimana sering dipublikasikan, antara dua pesawat siluman yang sedang dikembangkan China saat ini, yakni J-20 dan J-31, hanya J-20 yang akan menjadi pesawat tempur generasi kelima.
Walau J-31 menggunakan teknologi siluman, tapi komponen dan unit utama mengambil dari pesawat tempur generasi 4 + seperti J-10B, J-16 dan FC-1, tulis Carnegie Moscow Center.
Adapun J-20, yang mewujudkan potensi penuh industri penerbangan Cina, potensi kesiapan tempur pesawat ini masih sangat tidak jelas pada saat ini, walau didukung dengan teknologi dari Amerika Serikat dan negara-negara lain (mungkin melalui aksi spionase).
Su-35 merupakan varian termutakhir dari pesawat tempur Su-27. Oleh karena itu, akuisisi Su-35 juga akan membantu Cina untuk menilai kemajuan dari pengembangan pesawat tempur J-11 China. Pembelian ini juga dapat membantu China mengatasi kesulitan pengembangan teknologi siluman sehingga lebih mudah meningkatkan kemampuan (industry) penerbangan Cina.
Kontrak pembelian 24 pesawat Su-35 dan peralatan pendukungnya, kemungkinan juga akan disertai dengan transfer teknologi dan Research and Development (R & D).
Bagi Rusia, keberhasilan penjualan jet tempur (Su-35) ke China akan lebih meningkatkan posisinya di pasar luar negeri dan diharapkan pembeli berikutnya dari Su-35, mungkin adalah Indonesia.

Sputnik/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment