Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

25 February 2016

Vietnam Membeli Sistem Roket EXTRA dari Israel

12:33 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
20160222-sipri-viet-nam-mua-20-to-hop-phong-thu-extra-nbsp-2
HANOI:(DM) - SIPRI merilis catatan impor belanja alutsista Vietnam, diantaranya pembelian 3 sistem rudal SPYDER-SR, S-125 Pechora-2T, dan 20 roket kombinasi EXTRA.
Rudal EXTRA dikembangkan oleh perusahaan pertahanan Israel Military Industries (IMI) dan telah diekspor ke beberapa negara-negara asing, yang unik tentara Israel sendiri belum memesan sistem senjata roket multi ini.
EXTRA memiliki jangkauan sekitar 150 km, berat rudal 150 kg, tingkat kesalahan akurasi (Circular Error Probability-CEP) sekitar 10 m, bandingkan dengan artileri 155 mm standar AS, yang memiliki CEP sekitar 200-300 m.
EXTRA mampu diluncurkan dari berbagai kendaraan peluncur, dengan tabung peluncur yang bisa terdiri dari 2-16 tabung. Amunisi EXTRA tersimpan didalam wadah kedap udara sehingga memiliki life time yang panjang dan biaya perawatan yang rendah.
Dengan segala kemampuannya, EXTRA sangat cocok untuk melengkapi pasukan artileri Vietnam dan sistem roket pertahanan pantai Angkatan Laut Rakyat Vietnam. EXTRA sangat sesuai ditempatkan di pulau-pulau kecil seperti di gugusan Kepulauan Spratly.
Sistem roket artileri canggih ini mampu mengamankan dan mengontrol wilayah laut dan selat, melindungi pangkalandan infrastruktur Angkatan Laut, , serta pertahanan pantai untuk menghancurkan kapal perang dan amfibi musuh yang datang menyerang.(BaoDatViet)
extra_rocket_725
EXTRA termasuk salah satu roket artileri yang paling canggih di dunia dengan jangkauan terjauh, yang dikembangkan oleh Israel, memiliki jangkauan maksimum 150 km dan kesalahan akurasi mengejutkan, hanya 10 meter.
EXTRA pernah diuji tembakkan pada tahun 2014 di daerah selatan Israel. Roket diluncurkan dari belakang sebuah truk dan akurat menghantam sasaran yang berjarak sekitar 50 km. Roket menggunakan sistem bimbingan GPS yang dirancang khusus.
Amunisi EXTRA memiliki diameter 300 mm dan panjang kurang dari 4 m. EXTRA juga dirancang khusus dengan hulu ledak 120 kg yang mampu menghancurkan target di bawah tanah.(BreakingIsraelNews)/jkgr
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment