Subscribe:

26 October 2012

Dua Tahun Lagi, AS Punya Senjata Laser

Mematikan namun murah. Sekali tembak hanya menghabiskan satu dolar.

Kapal Induk AS 
Kapal Induk AS

VIVAnews - Angkatan Laut Amerika Serikat tengah mengembangkan senjata laser sebagai salah satu alutsista andalan negara tersebut. Diperkirakan, dalam jangka waktu dua tahun, AS telah mampu menyempurnakan senjata ini dan memproduksinya secara massal.

"Untuk pengembangan laser dengan energi yang terpusat, saya kira dalam waktu dua tahun lagi," kata Laksamana Muda Angkatan Laut AS Matthew Klunder, seperti diberitakan Daily Mail yang mengutip Wired.com, Kamis 25 Oktober 2012.

Hibah F-16 dan Sistem Pertahanan Negara


F16
Berita paling hangat dibidang pertahanan Indonesia kini adalah tentang kabar hibah pesawat terbang tempur F-16 dari pemerintah Amerika Serikat kepada Indonesia. F-16, sebagai multirole jet fighter aircraft adalah satu dari sedikit jenis pesawat tempur yang paling laris di dunia, karena telah membuktikan dirinya sebagai “Jet fighter aircraft yang telah “war-proven”. Pesawat tempur yang telah memperlihatkan unjuk kerjanya yang spektakuler pada laga pertempuran udara dalam banyak panggung perang terbuka dimuka bumi ini.

Pada prinsipnya, proses pengadaan pesawat tempur yang ideal sebagai sub sistem dari alat utama sistem persenjataan haruslah mengalir dari satu perencanaan jangka panjang yang matang dan terpadu serta konsisten. Itu sebabnya antara lain, proses pengadaan ditengah jalan yang muncul dari format hibah atau apapun namanya pasti dan selalu mengundang kontroversi.  

Ada Damai di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini


Jurnas.com | AMAN dan bersahabat. Itulah kesan pertama yang tertangkap kami, rombongan wartawan dari Jakarta, saat mengunjungi perbatasan Indonesia-Papua Nugini, di Kampung Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura, Rabu (24/10), sekitar dua jam perjalanan dari Kota Jayapura melalui Abepura dengan kondisi jalan mulus.

Petugas Keamanan dari Yonif 408/SBH di perbatasan, dengan ramah, hanya menanyakan identitas dan tujuan serta meminjam KTP salah seorang anggota rombongan. Tidak hanya itu, kami ternyata diperbolehkan memasuki wilayah Papua Nugini, walaupun hanya sebatas di wilayah transisi seluas sekitar setengah lapangan bola.

"Dalam kondisi tertentu, biasanya tidak diperbolehkan, mungkin karena saat ini nyaris tidak ada gangguan keamanan, jadi penjagaan agak longgar, "kata sopir kendaraan yang membawa rombongan.

Di wilayah transisi, petugas keamanan Papua Nugini tidak mencurigai kami, namun hanya sekedar mengawasi kegiatan kami dari kejauhan, tidak ada teguran maupun pertanyaan. Nampaknya pemeriksaan ketat dengan memeriksa paspor dan visa akan dilakukan di tempat yang lebih masuk ke wilayah Papua Nugini.

Singapura Apresiasi Peran Indonesia dalam Isu Laut China Selatan

http://www.jurnas.com/fototmp/detail/58417-74831-3612786-0-d03c2be953da616e3dc7f070ffc745ed.jpg?1351129612
HUBUNGAN bilateral Indonesia - Singapura semakin kuat. Faktor kerja sama ekonomi yang saling menunjang menjadi faktor pendorongnya. Singapura mengapresiasi peran Indonesia dalam isu Laut China Selatan

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegewa ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam di Yogyakarta, Rabu (24/10) di sela-sela pertemuan ke-5 Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction.

Dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri dinyatakan, kedua menteri sependapat bahwa hubungan kedua negara secara keseluruhan berlangsung baik dan semakin kuat.

Ini tercermin dengan semakin meningkatnya angka perdagangan antara kedua negara. "Singapura merupakan investor terbesar di Indonesia," kata Marty.

Roy Suryo Takut Bikin Rakyat Paranoid RUU Kamnas


PONTIANAK-  Rancangan undang-undang Keamanan Nasional (Kamnas) yang diajukan pemerintah pusat sudah dipaparkan kepada DPR RI oleh Menteri Pertahanan dan Wakil serta Menteri Hukum dan HAM serta beberapa staf pemerintahan lainnya.

"Intinya kami ingin menegaskan bahwa RUU yang disampaikan bukanlah rancangan yang sama saat era orde baru melainkan sudah disesuaikan dengan keadaan sekarang, sehingga tidak ada yang melenceng dari UU saat ini yang berlaku di masyarakat," ungkapnya kepada Okezone.

Menurut politikus Demokrat ini, RUU yang disampaikan pemerintah ternyata  tak seseram yang dibayangkan, di mana konon RUU Kamnas berpotensi mengembalikan kondisi negara seperti di jaman orde baru. RUU ini, kata Roy, akan disesuaikan dengan keadaan Indonesia pada saat ini.
 "Ini yang perlu diluruskan agar masyarakat tidak salah persepsi, karena kami tidak akan asal untuk memutuskan dan semua akan diputuskan demi kemaslahatan," jelasnya.

Panglima TNI Saksikan Uji Renkam Militer TFG


PANGLIMA TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., didampingi Kasal Laksamana TNI Soeparno, para pejabat Mabes TNI dan Angkatan menyaksikan Uji Rencana Kampanye Militer di atas peta melalui Tactical Floor Game (TFG) yang akan di gelar di Kalimantan Timur dalam rangka Latihan Gabungan TNI tahun 2012, bertempat di Gedung Panti Perwira Armada Koarmatim, Ujung Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/10/2012).

Kunker Menhan ke Kalimantan Barat


MENTERI Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Bumi Khatulistiwa, Jumat (26/10).   

Menurut Kadispers Lanud Supadio Letkol Adm Dedy Hendra Effendi yang dalam hal ini mewakili Danlanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos dalam menyambut kedatangan Menhan, mengatakan bahwa kunjungan kerja Menhan di Kalimantan Barat yaitu dalam rangka menghadiri rangkaian acara penutupan Indonesian Youth Day 2012 yang terletak di Kabupaten Sanggau, serta meninjau pos perbatasan Indonesia-Malaysia di Sajingan Besar, Kalimantan Barat.

AS Tak Tahu Oposisi Suriah Punya Misil Penyengat

Foto : Pasukan AS membawa peluncur misil penyengat (militaryfactories)
Foto : Pasukan AS membawa peluncur misil penyengat (militaryfactories)
WASHINGTON - Rusia melaporkan akan keberadaan misil penyengat buatan Amerika Serikat yang digunakan oposisi Suriah. Meski demikian, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan, dirinya tidak tahu menahu akan adanya pengiriman senjata ke Suriah.

"Saya tidak tahu bagaimana detil laporan itu dan saya tidak tahu pula, bila kami memasok misil tersebut ke Suriah," ujar Panetta, seperti dikutip The News, Kamis (25/10/201).

Misil penyengat merupakan senjata yang sanggup menjatuhkan jet tempur dan helikopter secara efektif. Salah seorang pejabat AS di Pentagon juga tidak dapat mengkonfirmasi mengenai kepemilikan pasukan oposisi Suriah terhadap misil penyengat buatan AS.

Klaim keberadaan misil penyengat AS di Suriah disampaikan oleh pejabat militer Rusia, Jenderal Nikolai Makarov. Meski senjata itu merupakan senjata buatan Negeri Paman Sam, Rusia masih

Oposisi Suriah Dapatkan Misil Penyengat Buatan AS?


Foto : Pasukan AS membawa peluncur misil penyengat (militaryfactories)Foto : Pasukan AS membawa peluncur misil penyengat (militaryfactories)
MOSKOW - Pejabat militer Rusia mengklaim, pasukan oposisi Suriah yang berperang menumbangkan kekuasaan Presiden Bashar al-Assad, mendapatkan misil penyengat buatan Amerika Serikat (AS). Misil itu ditembakkan dengan menggunakan peluncur roket bahu.

Jenderal Nikolai Makarov sampai saat ini belum mengetahui, siapa yang menjadi pemasok misil penyengat itu. Negeri Beruang Merah pun menggelar penyelidikan atas hal itu.

"Kami mendapat informasi, fraksi oposisi yang berperang melawan pasukan Suriah mendapatkan senjata berupa peluncur roket bahu, termasuk di antaranya adalah misil penyengat buatan AS. Kami masih mencari tahu, siapa yang memasok persenjataan itu," ujar Makarov, seperti dikutip Interfax, Rabu (24/10/2012).

TNI AD Bersama KNPI Menjaga NKRI

KSAD Jendral TNI Pramono Edhi Wibowo berpidato di Rakernas KNPI (23/10/2012) Foto: dok.pribadi Jackson Kumaat

Ada statement menarik yang disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Pramono Edhie Wibowo di rapat kerja nasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Senggigi Lombok, NTB. Ipar Pak Beye ini mengajak KNPI menyatukan langkah ke depan dalam membangun bangsa.

Palestina Hujani 500 Roket ke Israel


Pejuang Palestina menembakkan roket di Jalur Gaza menghantam wilatah Israel(22/4), sejauh ini tidak ada laporan korban jiwaPejuang Palestina menembakkan roket di Jalur Gaza menghantam wilatah Israel(22/4), sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa (sumber: AFP)
 
Lebih 500 roket menghantam Israel sejak awal 2012.

Ketegangan meningkat di sekitar Jalur Gaza, Rabu, setelah serangan-serangan udara Israel menewaskan empat pejuang dan kelompok bersenjata Palestina menembakkan lebih dari 70 roket ke Israel selatan, mencederai serius dua orang.

Kekerasan lintas-batas itu merupakan yang terbesar ketiga sejak Juni dan mendorong Israel dan kelompok pejuang Palestina di Gaza berjanji akan membalas serangan masing-masing.

Ketegangan meletus Selasa malam, tak lama setelah berakhirnya kunjungan Emir Qatar ke Gaza, ketika pejuang Palestina menembakkan enam roket ke Israel selatan.

Ratusan "airsoft gun" beredar di Papua

Ilustrasi sejumlah airsoft gun yang disita Bea Cukai Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, beberapa waktu lalu. (FOTO ANTARA/Eric Ireng)
... 500 airsoft gun diduga beredar di Papua... "
Jayapura ( ANTARA News) - Ketua Perbakin Papua, Jhon Banua Rouw, menengarai sekitar 500 airsoft gun saat ini beredar di Papua. Bersama dengan Kepolisian Daerah Papua, mereka menginventarisasi kepemilikan dan izin airsoft gun itu.

"Sekitar 500 airsoft gun diduga beredar di Papua," kata Rouw kepada wartawan di Jayapura, Kamis, seusai bertemu Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigadir Jenderal Polisi Paulus Waterpauw. Perbakin Papua sendiri baru mengeluarkan 100 izin kepemilikan senjata itu.

Airsoft gun bukanlah senjata api karena mekanisme kerjanya tidak melibatkan mesiu yang meledak, walau pembinaan pemakai dan aplikasinya sebagai senjata hobi dan olahraga berada di bawah Perbakin. Dalam tubuh PB Perbakin Pusat, ada suborganisasinya dengan aturan-aturan ketat yang mengurusi hal ini.

Lanud Tarakan Gelar Hanlan



PERSONEL Lanud Tarakan berhasil melumpuhkan gerombolan teroris yang berencana akan membajak pesawat salah satu maskapai penerbangan dan selanjutnya akan menguasai pangkalan dan bandara juwata Tarakan. Itu merupakan skenario pertahanan pangkalan(hanlan) yang digelar oleh Lanud Tarakan dan merupakan program kerja dinas operasi yang dilaksanakan diseputaran runway bandara juwata tarakan, baru-baru ini.

Latihan ini diawali dengan tertangkapnya salah satu GPK yang membawa sebuah bom dengan daya ledak tinggi dan berniat akan membajak salah satu maskapai penerbangan.

Kokpit Pesawat Tempur Siluman J20 China

Beginilah kokpit dari pesawat tempur siluman Chengdu J-20 China. Terlihat simpel, seolah-olah anak yang biasa main game pun bisa mengoperasikan pesawat siluman ini. Tapi tunggu dulu, ini bukan kokpit asli dari J-20, ini hanya prototipe.
Foto-foto ini diambil pada tahun lalu di Zhuhai Airshow, demonstrasi dikabarkan tertutup dan hanya untuk undangan-undangan yang dipilih. Berdasarkan bentuk mockup nose dan parameter tampilan memang cocok dengan J-20. Mungkin secara umum, bentuk aslinya memang seperti ini disertai penambahan kontrol-kontrol tembak dan lainnya.


Kokpit J-20 China

Wah, ada air minum mineral di kokpit J-20! he.. plus disebelah kanan ada mouse. Emang pilot pake mouse juga ya? Bukan yang optik pula. Tapi tenang, ini hanya prototipe. Bagi sobat yang belum tahu dengan tampilan luar J-20 China, lanjut ke foto di bawah ini.

lutsista TNI AU Terus Ditingkatkan

Sukhoi TNI AU
MENTERI Pertahanan (Menhan), Purnomo Yusgiantoro memberikan pembekalan tentang perkembangan kebijaksanaan pertahanan negara terkini kepada 130 Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-49 di Bangsal Srutasala Seskoau, Lembang, Rabu (24/10).

Pembekalan ini merupakan program Pendidikan Seskoau untuk memberikan wawasan kepada para perwira siswa, sebelum mereka mengakhiri pendidikan akhir Oktober 2012 mendatang.


Dalam pembekalan itu, Menhan Purnomo Yusgiantoro menyoroti soal “Produk Strategis, Alokasi Anggaran dan Perkembangan MEF (Minimum Essential Force atau Kekuatan Pokok Minimum).

Kesatuan Eropa Terancam Pecah


Meningkatnya krisis ekonomi di Eropa menyebabkan negara-negara anggota Uni Eropa menghadapi berbagai masalah besar mulai dari gejolak sosial hingga gerakan pro-kemerdekaan khususnya di negara-negara yang mengalami kesenjangan ekonomi parah dan terbentuk dari beberapa ras dan bahasa.

Dalam dekade sebelumnya, wilayah Balkan dianggap sebagai pusat separatisme dan gerakan pro-kemerdekaan, namun saat ini gerakan seperti itu telah menyebar dari wilayah selatan Eropa hingga barat.

Peningkatan gerakan pro-kemerdekaan di Eropa akhir-akhir ini lebih banyak dipengaruhi oleh krisis ekonomi Eropa. Berdasarkan evaluasi para pakar, dalam beberapa dekade mendatang diperkirakan akan terbentuk 10 negara baru di benua Eropa.

Kurang dari tiga pekan, tiga wilayah di Eropa menyatakan ingin memisahkan diri.Flemish(Vlaams/Flandira) Nasionalis di Belgia yang dalam pemilu lokal di negara ini meraih kemenangan mutlak ingin memisahkan diri dari pemerintah pusat. Partai Aliansi Flemish Baru (N-VA) adalah partai nasionalis berbahasa belanda di Belgia. Para pemimpin partai ini menuntut Flandira yang berbahasa Belanda dapat merdeka dari pemerintah negara federal Belgia dan terpisah dari mereka yang berbahasa Perancis.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...