Berita Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Wilayah Kedaulatan NKRI serta Militer Negara Sahabat

25 November 2012

Tak Ada Pesawat Tempur di Kapal Induk China

11:35 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Tak Ada Pesawat Tempur di Kapal Induk China
AP Photo/Xinhua/Li Tang
Kapal induk pertama milik China menjalani uji pelayaran di laut lepas, Mei 2012. Kapal induk, yang diberi nama Liaoning itu, resmi dioperasikan Angkatan Laut China, Selasa (25/9), dalam upacara resmi di Pelabuhan Dalian, China utara. Pengoperasian kapal induk itu menunjukkan ambisi China yang ingin menjadi kekuatan angkatan laut utama di Asia. 
 
BEIJING, (DM) - China telah secara resmi mengoperasikan kapal induk pertamanya. Langkah itu dengan seketika memberi sinyal tentang pertumbuhan militer China di tengah ketegangan yang meningkat antara Beijing dan negara-negara tetangga soal sengketa pulau-pulau di laut di dekat wilayah negara itu.

Sejumlah pejabat China mengatakan kapak induk tersebut, sebuah kapal rongsokan yang dibeli dari Ukraina tahun 1998 dan diperbaharui China, akan melindungi kedaulatan nasional. Isu kedaulatan telah menjadi kata kunci dalam sengketa China dengan Jepang terkait kepemilikan pulau-pulau di Laut China Timur.

China Sukses Daratkan Jet Tempur di Kapal Induk

11:32 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
China Sukses Daratkan Jet Tempur di Kapal IndukFoto yang diambil pada 24 September 2012 ini menunjukkan kapal induk pertama China, Liaoning. Kapal ini merupakan bekas kapal induk Uni Soviet yang dulu bernama Varyag. Kapal ini sedang berlabuh setelah diserahterimakan kepada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat di Dalian, Provinsi Liaoning.

BEIJING, (DM) - China  melakukan pendaratan perdana jet tempur di kapal induk barunya. Jet tempur buatan China, J-15, melakukan pendaratan yang sukses di Liaoning, kapal induk bekas Soviet, dalam sejumlah latihan terakhir, kata kementerian pertahanan negara itu dalam sebuah laporannya Minggu (25/11) tentang uji coba penerbangan itu.

Hizbullah: Jika Serang Lebanon, Israel Hujan Roket

11:26 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Ribuan roket siap hantam Tel Aviv, kata Nasrallah. 

Pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah  
Pemimpin izbullah, Hassan Nasrallah 
LEBANON: (DM)- Pemimpin Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah memperingatkan Israel bahwa ribuan roket akan menghujani Tel Aviv, dan kota-kota Israel lainnya jika Israel berani menyerang Lebanon.

Seperti diberitakan Reuters, Nasrallah menyatakan Hizbullah mengamati Israel sudah kewalahan menghadapi serangan roket kecil dari Hamas selama bentrokan delapan hari.

Rusia Kembangkan MLRS 200 km

11:12 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Smerch rocket system 
Russia Developing 200-km Range Rocket SystemRusia mengembangkan Multiple-Launch Rocket Systems (MLRS) jarak jauh dengan guidance (bimbingan) yang baik yang memungkinkan mereka untuk menyerang target hingga 120 mil (200 km) jauhnya, juru bicara artileri Departemen Pertahanan Rusia mengatakan.

"Kami memiliki teknik militer yang potensial untuk menciptakan MLRS generasi baru dengan kisaran jangkauan 200 km," kata Letkol Nikolai Donyushkin.

Artileri saat ini yang digunakan Rusia antara lain 122-mm Grad, 220-mm Uragan, sistem roket 300-mm Smerch, Tornado-S, Tornado-G dan Uragan 1-M yang saat ini tengah menjalani uji coba negara. Tentara Rusia saat ini dalam proses penerimaan hingga 30 unit sistem artileri Tornago-G tahun ini untuk menggantikan BM-21 Grad.

Malaysia dan Vietnam Lirik Jet Latih Tempur Yak-130 Rusia

11:02 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
 Yak-130 Mitten (Foto: Adrian/Flickr user via  Wikimedia)
Pada pameran kedirgantaraan Zhuhai Airshow, 14 November lalu di China, Malaysia dan Vietnam menyatakan ketertarikannya untuk membeli pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130 Mitten buatan Rusia, seperti yang dikonfirmasi delegasi Rusia di Zhuhai Airshow kepada kantor berita Rusia RIA Novosti.

"Malaysia membutuhkan pesawat latih tempur dalam waktu dekat untuk menggantikan pesawat tua M-339 buatan Italia," kata delegasi Rusia itu.

"Kemungkinan besar Malaysia akan membeli Tak-130. Malaysia telah menjadi salah satu pengimpor besar pesawat militer Rusia dan pesawat-pesawat Rusia telah dipakai oleh mereka selama bertahun-tahun," katanya.

KOSTRAD Latihan Bersama AD Singapura dalam SAFKAR INDOPURA 24/2012

9:51 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Indonesia dan Singapura sejak 1970 telah melakukan latihan bersama, dan sejak 1989 latihan antara AD Singapura dan Indonesia bertajuk Safkar Indopura dimulai (photo : Kostrad)

Dalam rangka Latma Safkar Indopura 24/2012, pada tanggal 21 Nopember 2012. Wakasad Letnan jenderal  TNI Budiman dan Wakasad Singapura Brigjen Tung Yui Fai membuka  kegiatan Latihan Tempur Bersama antara Angkatan Darat Indonesia dan Singapore Army Forces yang diadakan pada tanggal 21-28 Nopember 2012.
  
Kegiatan yang bertempat di Pusat Pendidikan Infanteri Cipatat ini dimulai pada tanggal 21 Nopember 2012 dan dibuka dengan opening ceremony yang dihadiri oleh para tentara Angkatan Darat Indonesia dan Singapore Army Forces. Pada hari yang sama pula, diselenggarakan displai alutsista dari Singapore Army Forces, Yonif 323 Raider Kostrad, Yonif 201 Mekanis, dan PT Pindad (Persero).

Latihan Gerakan Udara Menjadi Penutup Eksesais ELANG BRUNESIA

9:49 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Telah lima kali AU Indonesia dan Brunei mengadakan latihan bersama bertajuk Elang Brunesia(all photos : Brunei Mindef)

RIMBA – Latihan Gerakan Udara bagi Eksesais Elang Brunesia 05/2012 yang telah dirancang selama 3 hari bermula pada 19 hingga 21 November 2012 diantara Tentera Udara Diraja Brunei (TUDB) dan Tentera Nasional Indonesia – Angkatan Udara (TNI-AU) telah berjaya dilangsungkan hari ini di Kawasan FFA, Padang Tembak Binturan, Penanjong Garison. 

24 November 2012

Sekali isi bahan bakar, Kapal selam ini bisa berlayar selama 25 tahun!

11:19 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Dibuat dengan biaya sekitar £ 1 miliar, kapal selam ini memiliki sonar dan radar yg begitu sensitif shg dapat mengendus kehadiran kapal musuh pada jarak 3.000 mil dan dapat membawa muatan rudal jelajah Tomahawk sebanyak 38 biji!

HMS Ambush, kapal selam nuklir terbaru Royal Navy, adalah salah satu kapal yang paling canggih dan kuat dari jenisnya (The Astute Class) yang dimiliki Angkatan Laut Inggris.

masuk dalam kategori The Astute Class, kapal selam raksasa ini memiliki perangkat yg hi-tech dan dalam beberapa kondisi saat beroperasi dia tidak memerlukan periskop.

HMS Ambush, yang dibangun oleh BAE Systems, diyakini sebagai kapal selam nuklir paling kuat di dunia. Senjata yg diusung adalah Tomahawk dan torpedo Spearfish untuk memerangi kapal-kapal musuh.

Persaingan Senjata di Kawasan Asia Tenggara

10:13 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Armada kapal perang Indonesia
Armada kapal perang Indonesia
 
Besaran pembelian senjata oleh negara-negara Asia Tenggara telah menjadi pembicaraan hangat bagi analis-analis pertahanan. Pengeluaran Pertahanan di seluruh wilayah Asia Tenggara meningkat 13,5 persen dari tahun lalu menjadi US$ 25,4 miliar dan diperkirakan akan terus meningkat menjadi US$ 40 miliar pada tahun 2016, seperti yang digambarkan Stockholm International Peace Research Institute.

Lembaga independen tersebut mengatakan, Indonesia, Vietnam, Thailand dan Kamboja telah meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 66 persen hingga 82 persen dari tahun 2002 sampai tahun lalu.

Palestina Mulai Tergoda China

9:47 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Beijing:(DM) – China mungkin dapat memainkan '“peran khusus' di Timur Tengah, ujar seorang utusan Presiden Mahmoud Abbas di Beijing, Jumat (23/11), menyusul konflik mematikan selama delapan hari antara militer Israel dan para pejuang Hamas di Jalur Gaza.
 
Bassam al-Salhi, utusan presiden Palestina itu berbicara setelah bertemu dengan para pejabat China membahas status rakyat Palestina di PBB dan meredakan ketegangan di Timur Tengah. Gencatan senjata yang ditengahi Mesir mulai berlaku Kamis di Gaza. Wilayah Gaza ini dikontrol Perdana Menteri Hamas Ismail Haniya.

Al-Sahi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Rakyat Palestina, menganggap Beijing sebagai perantara perundingan, seusai ia berbicara dengan Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi. Ia mengatakan China dapat menjadi penengah yang lebih daripada AS yang gagal menyodorkan sebuah solusi mengenai permusuhan Israel dan Palestina.

Tangkis Roket Hamas, Israel Habiskan Rp240 Miliar

9:39 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Kubah Besi Israel luncurkan roket interceptor menghadang roket dari Gaza
 Kubah Besi Israel luncurkan roket interceptor menghadang roket dari Gaza
Rudal Kubah Besi berteknologi AS itu efektif menangkis serangan roket
VIVAnews - Pantas saja rakyat Gaza berpesta setelah gencatan senjata dengan Israel. Meski ada 162 warga Gaza yang tewas, namun beberapa roket Hamas berhasil menembus Kubah Besi antimisil milik Israel yang canggih dan mahal.

Selama delapan hari perang udara itu, Kubah Besi Israel menghabiskan biaya antara US$25 juta sampai US$30 juta atau lebih dari Rp240 miliar. Pemerintah Israel sendiri mengakui, teknologi buatan Amerika Serikat ini memang mahal namun Israel berpendapat sepadan dengan kinerjanya.

Korut Siap Luncurkan Rudal jarak Jauh Baru

9:31 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

TONGCHANG-(DM) : Satelit-satelit AS menangkap tanda-tanda bahwa Korea Utara bersiap untuk meluncurkan satu rudal jarak jauh. Demikian kata laporan sebuah harian Jepang, Jumat (23/11/2012).

Korea Utara (Korut) memindahkan bagian-bagian rudal militernya di Pyongyang ke satu tempat peluncuran di Tongchang-ri di barat laut negara itu awal November. Demikian kata harian Asahi Shimbun.

Pemerintah AS telah menginformasikan negara-negara sekutunya Jepang dan Korsel tentang tindakan itu, kata harian itu, dan menambahkan tiga negara itu telah meningkatkan kewaspadaan.

Korsel Persenjatai Kapal Perusak Dengan Rudal Jelajah Baru

9:29 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

SEOUL-(DM) : Korea Selatan mulai memasangi kapal-kapal perusaknya dengan satu rudal baru yang dikembangkannya sendiri dan mampu melancarkan serangan tepat sasaran di Korea Utara, kata satu laporan, Jumat.

Kantor berita Yonhap, yang mengutip pernyataan seorang pejabat senior militer, mengatakan Korsel telah mempersenjatai dua kapal perusak dengan 32 rudal jelajah tipe Tomahawk Hyunmu 3 C.

Rudal-rudal itu memiliki jangkauan tembak 400 Km dan dapat mencapai taget-target sampai ke daerah-daerah Korut paling jauh dengan tiga meter tingkat akurasi, kata laporan itu.

India Tertarik Beli iron Dome srael

9:24 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Kubah Besi diklaim berhasil tangkal 87 persen serangan roket dari Gaza

 
NEW DELHI-(DM) : Konflik di Gaza yang berlangsung selama delapan hari secara tidak langsung menjadi "ajang promosi" bagi alat utama sistem persenjataan Israel. Sudah ada negara yang tertarik dengan sistem pertahanan rudal Israel dalam menangkal serangan roket dari kelompok militan Hamas dari Jalur Gaza. Sistem itu disebut "Kubah Besi" (Iron Dome).

India tertarik dengan alutsista ini. Menurut Times of India, pejabat pertahanan negara itu terus mengamati kinerja Kubah Besi dalam menangkal tembakan roket Fajr V dari Gaza.

Dua OV-10 Bronco AU Venezuela Tabrakan di Udara

1:09 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Nahas dialami dua pesawat tempur OV-10 Bronco AU Venezuela, Kamis (22/10). Ketika sedang berlatih di udara untuk memeriahkan Hari Penerbangan Militer, keduanya bertabrakan di udara. Seorang instruktur penerbang, Mayor Jose Rafael Marin, gugur dalam musibah ini, sementara tiga penerbang lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan kursi lontar.

Kecelakaan terjadi di wilayah Lanud Libertador. Untuk itu Ketua Parlemen Diosdado Cabello menyatakan belasungkawa kepada pihak keluarga dan Menteri Penerangan Venenuela segera mengumumkan kejadian ini lewat jejaring media sosial. “Sebuah kecelakaan terjadi dalam latihan untuk parade Military Aviation Day. Seorang pilot pemberani gugur. Info resmi menyusul,” begitu tulisanya, Kamis kemarin.

Era Kebangkitan Industri Pertahanan

12:55 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Memiliki pertahanan yang tangguh adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi setiap bangsa

http://4.bp.blogspot.com/-IMR4cPczlxk/T7QMLSdMoTI/AAAAAAAAJ8A/BRxo4vqrvtQ/s1600/Sherpha0a.jpg
Rantis Komodo (Foto Defense Studies)
Kemampuan pertahanan tidak saja penting dalam menjaga keselamatan bangsa, tetapi juga simbol kekuatan serta sarana untuk menggapai cita-cita, tujuan, ataupun kepentingan nasional.

Efektivitas pertahanan negara turut ditentukan juga oleh kemampuan industri pertahanan dalam memenuhi kebutuhan pengadaan dan pemeliharaan alat utama sistem senjata (alutsista) secara mandiri. Oleh sebab itu, industri pertahanan perlu dibangun melalui revitalisasi industri pertahanan.

Setelah Presiden SBY memberikan arahan revitalisasi industri pertahanan di Kementerian Pertahanan tahun 2004, sejak saat itu mesin dari semua pemangku kepentingan segera bekerja. Kementerian Pertahanan sebagai pembuat regulasi dan kebijaksanaan pembinaan industri pertahanan, TNI sebagai pengguna, dan industri pertahanan sebagai produsen dalam negeri menyatu dalam target merevitalisasi industri pertahanan untuk membangkitkan kekuatan industri pertahanan dalam negeri.

Enam Sukhoi tambah kekuatan TNI AU

12:41 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Su30 Mk2 TNI AU
TNI AU tak lama lagi bakal menambah pesawat tempur jenis Sukhoi. Penambahan pesawat tempur tidak hanya pada jenis sukhoi, namun ada beberapa pesawat lain didatangkan ke Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan NKRI.

Penambahan pesawat berbagai jenis dikemukakan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat, usai melantik 150 perwira baru lulusan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI AU angkatan ke-15 tahun 2012, di Lanud Adi Soemarmo, Jumat (23/11).

Menurut KSAU, ada enam pesawat Sukhoi dalam setahun atau 1,5 tahun ke depan datang ke Indonesia untuk memperkuat pertahanan udara. "Satu hingga 1,5 tahun lagi semua bisa datang. Sesuai rencana, ada percepatan kedatangan pesawat-pesawat seperti target hingga 2014," tegas Jenderal bintang empat itu.

PAL INDONESIA Produksi Kapal Perusak Januari 2013

12:41 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Gambar PKR 105 PAL
PT PAL Indonesia mulai membangun satu unit kapal Perusak Kawal Rudal 10514 hasil kerja sama dengan Damen Schelde Naval Shipbuilding, Belanda pada Januari tahun depan.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Usaha PAL Indonesia Eko Prasetyanto mengatakan perseroan memiliki empat divisi usaha yakni Kapal Perang, Kapal Niaga, Perbaikan dan Perawatan, dan Rekayasa Umum.

Divisi Kapal Perang ini memproduksi kapal perang yang mendukung alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan salah satu kontrak yang akan dikerjakan ialah kontrak kapal PKR senilai 7 juta euro itu dengan menggandeng Damen, galangan kapal dari Belanda.

“Kami juga akan mulai kerjakan pada Januari 2013 yakni kapal perusak rudal kerja sama dengan Damen. Kontraknya kami berdua, nilai totalnya 7 juta euro,” katanya ditemui Bisnis, baru—baru ini.

Perang 8 Hari Hamas – Israel

12:39 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
 
Tentara Israel Suka Cita Sambut Gencatan Senjata (CNN)
Jika ditelusuri lagi ke belakang, baru kali ini Israel langsung menyetujui gencatan senjata dengan Hamas. Sebelumnya Israel tidak pernah mematuhi yang namanya gencatan senjata, walau diprakarsai oleh PBB atau Uni-Eropa.  Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu selalu mengatakan tidak akan pernah berunding dengan Hamas dan Jihad Islam, yang ditudingnya sebagai teroris. Namun kali ini Netanyahu tak berkutik. Usulan gencatan senjata yang diprakarsai oleh Mesir langsung ditelan bulat-bulat. Gencatan senjata ini sekaligus menunjukkan pengakuan Israel atas Hamas. Dan hal inilah yang dikritik kaum garis keras Israel atas Benyamin Netanyahu.

23 November 2012

BJ Habibie Beri Masukan Dahlan Mengenai PT DI

12:57 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
foto
Mantan Presiden dan Menteri Riset & Teknologi, BJ Habibie, membahas masalah teknologi dirgantara pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2012 di Gedung Sate, Bandung, (10/8). Habibie akan menghidupkan kembali pembuatan pesawat jet pertama di dunia buatan Indonesia N 250. TEMPO/Prima Mulia

 Jakarta:(DM)- Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan pertemuannya dengan Mantan Presiden BJ Habibie sebagai upaya menggali kembali ide-ide pakar teknologi Indonesia untuk memajukan industri BUMN, Kamis 22 November 2012. Dalam pertemuan ini, Dahlan terinspirasi menghidupkan kembali PT Dirgantara Indonesia.

Rusia Waspadai Langkah Turki Kerahkan Misil NATO

10:06 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

Moskow:(DM) – Kementerian Luar Negeri Rusia Kamis (22/11/2012) mewaspadai maksud Turki mengerahkan misil darat-udara milik NATO di perbatasan Turki–Suriah.
Militerisasi perbatasan Turki-Suriah akan menjadi signal peringatan bahaya,” ujar juru bicara Kemenlu Rusia Alexander Lukasevich. “Penempatan misil ini tak berguna untuk stabilitas kawasan Timur Tengah,” tambahnya, seperti dikutip portal Rusia RIA Novosti Kamis (22/11/2012).
“Saran kami kepada Turki adalah menggunakan pengaruh mereka terhadap oposisi Suriah dengan mengajak mereka berdialog dan bukannya meregang otot serta menyeret situasi menyusuri jalan berbahaya,” ujarnya.

Kasal: Marinir Selalu Ada Perubahan Dan Kemajuan

9:44 AM Posted by Ikh Sanudin No comments

SIDOARJO-(DM) : Korps Marinir TNI AL berulang tahun ke-67 hari ini. Di seluruh negara Asia, cuma sedikit yang punya korps marinir yang terbukti mumpuni, salah satunya Indonesia, yang dinilai Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Soeparno, selalu menapaki kemajuan dari tahun ke tahun. 

Korps itu dikenal secara fisik oleh masyarakat umum dengan ciri baret berwarna merah keunguan dan pola seragam lapangan yang khas. Pasukan marinir merupakan pasukan pendarat dari matra laut ke pesisir daratan yang direbut, memakai berbagai wahana tempur, di antara yang terkini adalah tank amfibi BMP-3F buatan Rusia.

Dalam melaksanakan doktrin perang dan pertempurannya, Korps Marinir TNI AL juga dilengkapi dengan batalion-batalion artileri berat howitzer 155 milimeter dan mortir serta senapan runduk berat 20 milimeter Nechem buatan Afrika Selatan. 

TNI AL Mekarkan Korps Marinir di Batam dan Sorong

9:13 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Sejumlah prajurit Marinir TNI AL melakukan demo tempur saat upacara peringatan HUT ke-67 Korps Marinir TNI AL di Brigif-2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, kemarin.
JAKARTA – TNI Angkatan Laut melakukan pemekaran pasukan Korps Marinir di sejumlah lokasi strategis perbatasan untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

Pembangunan kekuatan itu dilakukan di Kepulauan Riau dan Papua. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno mengatakan, Presiden telah memerintahkan langsung agar ditambah dan dibangun satu batalion infanteri-10 di Pulau Setoko, Batam.“Ini salah satu contoh dari wujud kepercayaan pemimpin negara ini kepada Marinir,” katanya dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-67 Korps Marinir di Jakarta kemarin. Batalion tersebut sekarang ini dalam proses penyiapan.Tahun depan diharapkan sudah berdiri dan difungsikan. Soeparno mengingatkan,kepercayaan ini mahal harganya sehingga harus dilaksanakan dengan baik.

Netanyahu: Israel Siap Serang Gaza Lagi

9:07 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Netanyahu: Israel Siap Serang Gaza Lagi
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.
TEL AVIV:(DM)  --  Baru saja menyepakati upaya gencatan senjata, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu kembali mengancam akan melakukan serangan kembali ke Jalur Gaza. Dia menyatakan rezim Tel Aviv siap untuk serangan baru ke Jalur Gaza.

"Saya tahu ada warga yang mengharapkan kami bertindak tegas di Gaza. Karena itu kami siap untuk menyatukannya. Kami memilih kapan, terhadap siapa, dan bagaimana harus bertindak," katanya seperti dikutip dari Press TV, Jumat (23/11).

Iran: Kemenangan Palestina Permalukan AS dan Eropa

9:05 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Iran: Kemenangan Palestina Permalukan AS dan Eropa
Warga Palestina merayakan kemenangan atas Israel setelah tercapainya kesepakatan gencatan senjata di Gaza, Rabu (21/11) malam. (AP/Bernat Armangue)
 
TEHERAN:(DM)  --  Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi, mengatakan kemenangan Palestina atas Israel dalam pertempuran di Jalur Gaza telah mempermalukan Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

"Selain membuat frustasi berat para pemimpin rezim zionis (Israel), kemenangan rakyat Gaza ini turut mempermalukan para pemimpin AS dan Eropa," kata Vahidi seperti dikutip dari Press TV, Jumat (23/11).

Baru Sehari, Israel Langgar Gencatan Senjata

9:01 AM Posted by Ikh Sanudin No comments
Sehari pasca penandatanganan nota gencatan senjata antara Israel dan Hamas, Rezim Zionis melanggar kesepakatan damai itu dengan menembaki sejumlah warga Palestina di timur Khan Yunis. Penembakan yang dilakukan militer Israel terhadap warga sipil Palestina Kamis (22/11) setidaknya melukai lima orang.

Televisi al-Alam melaporkan, kelima warga Palestina itu ditembak dari mobil militer Israel yang berpatroli di wilayah al-Farahin.

Pada Rabu malam (21/11) Menteri Luar Negeri Mesir Mohammed Kamel Amr mengumumkan bahwa Israel dan gerakan muqawama Palestina Hamas mencapai kesepakatan gencatan senjata  yang dimediasi Mesir untuk mengakhiri serangan mematikan rezim Zionis di Jalur Gaza.

22 November 2012

Lockheed Martin Dan PT CMI Teknologi Siap Memproduksi Radar Untuk Program NASRI

11:55 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Lockheed Martin dan perusahaan teknologi asal Indonesia yaitu PT CMI Teknologi (CMI) baru saja menyelesaikan untuk melihatkan persyaratan dalam kesiapan produksi PT CMI selaku produsen untuk radar TPS-77 dan FPS-117 yang merupakan radar pengawasan jarak jauh (long-range surveillance radars).

Lockheed Martin dan CMI bersama-sama untuk mempercepat program pengawasan udara nasioanal Republik Indonesia (NASRI). Dengan program ini akan memproduksi lebih dari 20 radar baru untuk meningkatkan manajemen pengawasan wilayah udara, keamanan di atas wilayah Indonesia, program revialisasi ini didukung penuh oleh Departemen Pertahanan Indonesia.

Keberhasilan ini karena segi kesiapan produksi karena didukung oleh tenaga ahli PT CMI selaku perakit row receivers pada radar yang merupakan sebuah langkah besar dalam proses persyaratan yang telah ditentukan, kata James Gribbon selaku Presiden Lockheed Martin di kawasan Asia Pasifik.

Daftar Belanja Rudal Javelin Indonesia

8:57 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Mau tahu tentang daftar belanja rudal Javelin yang rencananya akan dibeli oleh Indonesia? Rudal ini memang fenomenal. Perancis sebagai pembuat rudal Euromissile MILAN saja mengaku takluk dan membeli 260 rudal Javelin disertai 76 CLU (Command/ Launch Unit) senilai US$69 Juta Dolar. Inggris pun sebagai Negara penyangga Eropa ternyata lebih suka membeli Javelin sebanyak 1.300 tabung rudal senilai $176 Juta dolar.

Berikutnya ada Uni Emirat Arab yang membeli 1.000 tabung rudal dan 100 CLU pada November 2004, lalu Oman yang membeli 250 tabung rudal dan 30 CLU pada Juni 2006. Langkah Negara Arab ini kemudian diikuti oleh Bahrain yang membeli 60 CLU dan 180 tabung rudal. Terakhir Taiwan yang merupakan seteru Cina mengakuisisi 182 rudal dan 20 CLU pada Oktober 2008.




Jihad Islam: Terimakasih Republik Islam Iran

8:30 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Brigade al-Quds berterimakasih kepada Republik Islam Iran, karena negara ini tidak pernah menutup mata atas ketertindasan bangsa Palestina, dan karena Republik Islam gerakan perlawanan Islam Palestina mampu meluluhlantakkan jaringan komunikasi Tel Aviv.

Sayap militer Jihad Islam itu dalam konferensi persnya mengatakan, "Kemenangan yang diraih gerakan perlawanan Islam Palestina hari ini, pada kenyataannya adalah kemenangan para syuhada dan bangsa tegar berdiri mendukung gerakan perlawanan." Al-Alam (22/11) melaporkan.

"Tel Aviv hari ini sudah bukan benteng perkasa lagi bagi warga Zionis, akan tetapi sudah seperti mainan anak-anak di tangan gerakan perlawanan. Brigade Quds melesakkan 620 rudal dan roket ke distrik-distrik Israel dan mampu menghancurkan jaringan komunikasi kota itu."

Raider TNI Berhasil Pukul Mundur Pemberontak

5:28 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
0ce36c76816ee712b3d0df28eaa4d70c

Pergerakan Pasukan Raider TNI Ketika Memukul Mundur Pasukan Pemberontakan (Foto: Puspen TNI)

itoday - Pasukan TNI Batalyon Infanteri 514 Raider, berhasil memukul mundur sejumlah satu peleton pemberontak Gerakan Sumpit Merdeka, di wilayah Alfedeling VI Komplek Perkebunan Kelapa Sawit PT. Fairkco, Kaliurang Kutai Timur, Kalimantan Timur , Kamis (22/11).

Menurut Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 514 R aider , Letkol Inf Franz Yohannes Purba , pasukan yang bergerak berasal dari Kompi A Yonif 514 Raider dengan Komandan Kompi Kapten Inf Ucok Namara .

“Serangan yang dilakukan pasukan Yonif 514 berlangsung sangat singkat dan berhasil mematahkan kekuatan lawan dengan melakukan penyerangan ke kantong-kantong perlawanan musuh yang berada di Komplek Perkebunan Kelapa Sawit PT. Fairkco , yang selama ini dijadikan basis dan pos-pos Gerakan Sumpit Merdeka ”, kata Danyonif 514.

TNI Imbau Pemerintah Aceh tak Gunakan Lambang dan Bendera GAM

5:26 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

9f6a15aa308f3c8ace4af104f27e7924
Bendera GAM (IST)
itoday - Panglima Komando Daerah Kodam (Pangdam) Iskandar Muda Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Zahari Siregar mengimbau supaya pemerintah Aceh tidak menggunakan lambang dan bendera GAM.

"Silakan buat Qanun tetapi harus dikomunikasikan dengan Pemerintah Pusat untuk mendapatkan persetujuan," kata Zahari kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (22/11).

Menurut Zahari, lambang dan bendera Pemerintah Aceh, jangan sampai jangan sampai merusak sistem yang sudah ada di wilayah Indonesia paling barat Indonesia itu.

Pasukan Marinir Unjuk Kebolehan

5:23 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Pasukan Marinir melakukan unjuk kebolehan tempur menyerang musuh di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (11/10). Atraksi tersebut dilakukan dalam memperingati "Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut" yang jatuh pada tanggal 11 Oktober. Foto:VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Title #0
Pasukan marinir unjuk kebolehan pada hari kesehatan TNI Angkatan Laut di Cilandak, Jakarta, Selasa (11/10). Foto:VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

HUT ke 67 Korps Marinir

5:16 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Title #0

Defile pasukan saat memperingati HUT ke 67 Korps Marinir di Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Kamis (22/11/2012). Foto: VIVAnews/Ikhwan Yanuar


VIVAnews - Ratusan personel melakukan aksi terjun payung, bela diri, dan bertempur dalam memperingati HUT ke 67 Korps Marinir, Kamis (22/11/2012).Peringatan HUT Korps Marinir mengambil tema "Dengan semangat pengabdian tanpa batas kita tingkatkan profesionalisme prajurit yang kaya kompetensi serta berkarakter sebagai prajurit petarung yang relegius dan humanis".  Foto: 

Title #1

Prajurit menggelar atraksi beladiri menggunakan sangkur saat memperingati HUT ke 67 Korps Marinir di Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Kamis (22/11/2012). Foto: VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Legislator Pertanyakan Sikap Dipo Membekukan Anggaran Alutsista

5:01 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Beberapa prajurit Komando Pasukan Katak (KOPASKA) Koarmabar memakai perlengkapan selam pada latihan selam tempur di Dermaga TNI - AL Pondok Dayung Jakarta, Rabu (2/11) . Latihan tersebut di laksanakan secara berjenjang dan berlanjut guna meningkatkan kemampuan prajurit Kopaska Koarmabar khususnya pertempuran aspek laut, (Foto: ANTARA/Sunarto/ Armabar/Spt/11)

22 November 2012, Jakarta: Tindakan Sekretaris Kabinet (Seskab) Dipo Alam menyurati Kementerian Keuangan agar anggaran pertahanan dibekukan dinilai merugikan TNI dalam memodernisasi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Selama ini, menurut Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, DPR selalu memberikan dukungan penuh terhadap TNI. Namun dukungan DPR terhadap pemerintah untuk memperkuat pertahanan negara itu dirusak oleh pemerintah sendiri. "Langkah Dipo bisa membuat Komisi I mempertimbangkan ulang dukungan itu," kata Mahfudz, di Jakarta, kemarin.

DPR : Hanya TNI Yang Paling Paham Apa Dan Bagaimana Alutsista

4:40 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Dipo Dinilai Hambat Modernisasi Alutsista TNI
 
 
JAKARTA-(DM) : Pembekuan anggaran pertahanan yang bermula dari surat Seskab Dipo Alam ke Kementerian Keuangan dinilai hambat modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) TNI. Langkah Dipo membuat kalangan Komisi I DPR kecewa.

Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan,sejak 2010 sampai 2013 anggaran Kemhan dan TNI terus meningkat, termasuk penambahan anggaran di APBN Perubahan melalui dana optimalisasi sektor pertahanan dan keamanan. ”Semua dana optimalisasi yang diperjuangkan Komisi I untuk belanja alutsista sesuai ajuan TNI.Jadi,tidak benar celotehan Dipo bahwa itu digunakan belanja non-alutsista. Sejak kapan Dipo lebih paham soal alutsista ketimbang TNI,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta kemarin.

Rusia Buat Rudal Balistik 100 Ton Untuk Hadapi Pertahanan Rudal NATO

4:37 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

MOSCOW-(DM) : Militer Rusia mengumumkan pembuatan rudal balistik antarbenua canggih dengan bobot 100 ton. Program itu diluncurkan untuk melawan sistem pertahanan rudal NATO di Eropa Timur.
 
Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa kebijakan itu diambil untuk melawan penempatan perisai rudal NATO dan Amerika Serikat di garis perbatasan barat Rusia. Kantor berita RIA Novosti, Rabu (21/11) melaporkan.
 
Panglima Satuan Rudal Strategis Militer Rusia, Jenderal Sergei Karakaev mengatakan program produksi rudal-rudal balistik antarbenua dengan bobot 100 ton ada dalam agenda kerja Moskow.
 

21 November 2012

Afghanistan ingin tingkatkan hubungan diplomatik dengan Indonesia

11:36 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Seorang tentara Perancis memeriksa wilayah dari helikopter yang terbang di atas Lembah Kapisa, Afghanistan, Minggu (18/11). Pasukan tempur Perancis akan ditarik dari Afghanistan pada akhir tahun ini. Sejauh ini telah 80 personel militer Perancis tewas di Afghanistan. (REUTERS/Eric Gaillard)
 
Jakarta (ANTARA News) - Afghanistan akan menentukan lagi pemerintahan barunya pada 2014. Presiden baru Afghanistan akan dipilih rakyat negara itu secara demokratis dalam satu sistem pemilu yang diikuti belasan partai politik setempat. "Kami sedang menata diri menuju masa depan lebih baik," kata Petugas Seksi Politik Kedutaan Besar Afghanistan di Jakarta, Naser Fekrat, di Jakarta, Rabu.

Prajurit Kopassus Berlatih Infiltrasi Di Kapal Koarmatim

11:33 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Surabaya, 21 November 2012
Prajurit Komando Pasukan Khusus TNI AD, berlatih infiltrasi ke kapal lewat laut (Ship Boarding) di sekitar laut Dermaga Koarmatim, Ujung Surabaya, Rabu (21/11). Lima belas prajurit Kopassus mengikuti gladi penyusupan ke kapal, dibawah bimbingan pelatih dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL. Pasukan elit Angkatan Darat itu, merupakan siswa Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) Kopassus angkatan XIII tahun 2012.

Satu persatu mereka melaksanakan praktek bording. Gladi boarding yang dilakukan dengan terjun ke laut itu, dilaksanakan dari kapal yang melaju dengan kecepatan tinggi (Cast Kapal Cepat). Namun dalam latihan ini, siswa Sekopaska Kopassus tidak menggunakan kapal cepat, hanya dilaksanakan di Dermaga Sea Rider, Koarmatim.

Pasukan TNI Pukul Mundur Musuh

11:13 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Panglima TNI laksamana Agus Suhartono didampingi Kapuspen TNI Laksda Iskandar Sitompul (kiri) dan Pangarmatim Laksda Agung Pramono (kanan) Laksamana Soeparno (belakang) Kobangdikal Laksda Joko Teguh Wahojo (paling kiri), dan para Petinggi TNI, saat berada di Sekerat, lokasi Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur Kaltim, dalam rangka melihat langsung pelaksanaan Latihan Setingkat Brigade, Jumat, 16/11, yang dimulai pukul 05.30 WITA. Foto: Investor Daily/ ANTARA/Adi Sagaria/ss/pd/12
Sangatta: Pasukan TNI dari Satuan Batalyon 514 Raider dan Yonif 509/Kostrad berhasil memukul mundur pasukan musuh sehingga mulai bergerak memasuki daerah persiapan dalam Latihan Gabungan 2012 di kawasan Sekerat, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur.

Siaran pers Satgaspen Lagtab TNI 2012 yang diterima, Selasa (20/11), menyebutkan, pasukan elite TNI berhasil memukul mundur pengacau setelah sebelumnya kawasan tertentu dapat dikuasai Pasukan Pendarat dari Korps Marinir TNI AL.


Setelah merapat dipantai sekerat pada Senin (19/11), Batalyon 514 Raider mulai melakukan pergerakan memasuki daerah persiapannya di sekitar jalan poros Kaliorang.


TNI AU Terima Satu Pesawat KT-1B Rakitan PT DI

11:10 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
" ... diharapkan program pembinaan penerbang TNI AU dapat lebih baik... " 

Yogyakarta: Pangkalan Udara Utama TNI AU Adisutjipto, Yogyakarta, mendapat tambahan satu pesawat latih baru jenis KT-1B Wong Bee buatan Korea Selatan yang dirakit PT Dirgantara Indonesia, Bandung.

"Dengan penambahan pesawat tersebut diharapkan program pembinaan penerbang TNI AU dapat lebih baik," kata Komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Abdul Muis, di Yogyakarta, Rabu.

Koalisi Oposisi Suriah Pecah, Sebagian Tolak jadi Boneka Barat-Arab

5:36 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Koalisi anti pemerintah Damaskus pecah menyusul pernyataan keras kubu oposisi Suriah di Aleppo yang menolak mengakui aliansi bentukan Barat dan Arab, yang dikenal sebagai Koalisi Nasional Suriah untuk Pasukan Revolusioner dan Oposisi (SNCROF).

Dalam video yang dirilis di Internet pada hari Senin (19/11) mereka mengecam SNCROF dan menilainya sebagai "proyek konspirasi."

SNCROF berdiri pada tanggal 11 November lalu untuk membentuk koalisi yang luas demi menggulingkan presiden Bashar Assad. Koalisi ini meminta simpatisannya untuk memasok persenjataan yang lebih canggih.

Koalisi segera diakui oleh Liga Arab dan enam negara Teluk Persia yang diikuti oleh Turki.

Israel Kekurangan Roket Iron Dome untuk Menangkis Roket Muqawama

5:21 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Pabrik roket-roket penghadang pada sistem anti-udara Iron Dome  (Kubah Baja) di Israel, mengaku cadangan roket untuk sistem tersebut menipis dengan cepat.

Qodsna (21/11) mengutip Reuters melaporkan, pabrik tersebut menyatakan meski proses produksi roket untuk Iron Dome itu terus beroperasi selama 24 jam, akan tetapi permintaan dari militer Israel sangat banyak dan mendesak.

Meski seluruh sektor di pabrik itu telah dioperasikan secara maksimal, namun tingkat produksinya tetap tidak dapat memenuhi banyaknya permintaan dari militer Israel.

Oleh karena itu, para pengelola pabrik berusaha menyiasatinya dengan membangun pabrik dadakan.

Israel Merugi 1,2 Milyar USD, Barak Diminta Tidak Nekat

5:17 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Israel Today mengungkap kerugian yang diderita Israel dalam sepekan pasca agresinya ke Jalur Gaza mencapai 1,2 milyar USD.

FNA (21/11) melaporkan, koran Zionis itu menyebutkan bahwa kerugian itu hanya di sektor perekonomian saja, mengingat belum ada angka pasti mengenai kerugian akibat serangan balasan kelompok muqawama.

Sharon: Gaza harus Diratakan seperti Hiroshima

5:15 PM Posted by Ikh Sanudin No comments
Putra dari mantan Perdana Menteri Israel Ariel Sharon mengatakan, Tel Aviv harus meratakan Gaza sama seperti aksi Amerika Serikat memusnahkan kota Hiroshima, Jepang pada tahun 1945.

Dalam sebuah artikel di surat kabar Jerusalem Post pada Selasa (20/11), Gilad Sharon mengatakan bahwa militer Zionis harus memusnahkan atau kembali menduduki Jalur Gaza yang terkepung.

"Seharusnya tidak ada listrik di Gaza, tidak ada bahan bakar atau kendaraan yang bergerak di jalan-jalan. Kemudian mereka benar-benar akan meminta gencatan senjata," tulis Sharon.

"Kita perlu untuk meratakan seluruh daerah di Gaza. Ratakan semua Gaza. AS tidak berhenti dengan membom Hiroshima, sehingga mereka melanjutkan dengan memukul Nagasaki," tambahnya.

Gizmodo Benarkan Pesawat Tanpa Awak Israel di Tangan Hamas

5:11 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

Situs Gizmodo yang berbasis di Amerika Serikat membenarkan jatuhnya sebuah pesawat tanpa awak Israel di Jalur Gaza dan menyebut para pejabat Israel berbohong dalam klaim mereka.

Qodsna (21/11) melaporkan, situs yang secara spesifik fokus pada iptek dan peralatan elektronik di dunia, membenarkan keotentikan rekaman video yang disebarkan oleh Hamas tentang penembakan jatuh pesawat tempur milik Israel.

Para pejuang Hamas berhasil menembak jatuh pesawat tanpa awak Rafael Skylite B  yang digunakan untuk operasi pengintaian.

Situs Gizmodo menepis klaim juru bicara militer Israel pada 16 November bahwa tidak ada pesawat tanpa awak Zionis yang ditembak jatuh. Kemungkinan pejabat Israel itu ingin menegaskan bahwa pesawat tanpa awak itu tidak ditembak melainkan jatuh. Namun yang pasti Israel kehilangan satu pesawat tanpa awaknya di Jalur Gaza.

1.169 Prajurit TNI Berangkat ke Lebanon

5:08 PM Posted by Ikh Sanudin No comments

banon-sub
JAKARTA-(DM) : Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., melepas 1.169 Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) untuk melaksanakan tugas menjaga perdamaian di Lebanon dalam misi UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) dengan upacara militer di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (21/11/2012).

1.169 Prajurit TNI tersebut, terdiri dari : 850 personel Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-G dipimpin Mayor Inf Lucky Avianto, 75 personel Military Police Unit (MPU) Konga XXV-E dipimpin Letkol Cpm Subiyakto, 150 personel Force Protection Company (FPC) Konga XXVI-E2 dipimpin Mayor Inf Yuri Eliyas, 50 personel Satgas Force Headquarter Support Unit (SFQSU) Konga XXVI-E1 dipimpin Kolonel Inf Karmin,  6 personel Satgas CIMIC TNI Konga XXXI-C dipimpin Letkol Inf Ilyas.